Polisi dan pecalang amankan arus mudik di Bali

Kamis, 01 Agustus 2013 - 12:56 WIB
Polisi dan pecalang amankan arus mudik di Bali
Polisi dan pecalang amankan arus mudik di Bali
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 1.300 personel akan disiagakan penuh Polda Bali guna mengawal arus mudik dan pengamanan selama libur panjang pada perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Polda Bali juga mengerahkan 736 Babimkamtibmas dan Pamswakarsa dari pecalang masing-masing desa adat.

"Kita kerahkan 2/3 ditambah beberapa unsur lainnya seperti TNI, Satpol PP, pecalang dan semua komponen masyarakat lainnya," ujar Kapolda Bali Irjen Pol Arif Wachyunadi usai gelar pasukan Operasi Ketupat Agung 2013 di Lapangan Nitimandala Renon, Denpasar, Kamis (1/8/2013).

Tidak hanya personel, pihaknya juga mengerahkan anjing pelacak, metal detector dan berbagai sarana lainnya yang ditempatkan di lokasi strategis seperti di Pelabuhan dan Bandara hingga terminal bus.

Untuk pengamanan akan difokuskan untuk memperlancar dan mengamankan arus mudik sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan di jalan raya, tindak kejahatan atau gangguan kamtibmas lainnya.

Polisi akan memberi perhatian di jalur-jalur rawan mudik di sepanjang jalan Denpasar-Gilimanuk yang akan ramai oleh arus pemudik yang akan berlebaran di kampung halaman di Pulau Jawa dan daerah lainnya.

Kepolisian telah memetakan peta jalur rawan kecelakaan di sepanjang jalan jurusan Denpasar-Gilimanuk maupun jurusan Denpasar Padang Bai, Karangsem. Jalur-jalur ini akan mendapat pengawalan khusus petugas karena tergolong rawan kecelakaan.

Diperkirakan, arus mudik akan mencapai puncaknya pada H-4 sehingga kepolisian dan unsur lainnya akan menyiapkan personel termasuk peralatan pendukung operasional lainnya.

Sepanjang jalur mudik ini telah dibangun pos pengamanan, pos pelayanan dan pos pemantauan. Pihaknya akan mengupayakan agar di jalur utama ini bisa diminimalisir angka kecelakaan maupun berbagai tindakan kejahatan.

"Kita fokus pada kedua hal ini, mudah-mudahan bisa berjalan lancar tidak terjadi hal-hal yang dapat mengganggu pemudik dalam merayakan lebaran di kampung halaman," harapnya.

Setidaknya, ada 19 Polsek berada di jalur mudik telah diinstruksikan agar siaga dan berada di garis terdepan melakukan pengamanan. Setiap Polsek akan langsung dipimpin perwira menengah Polda Bali untuk memudahkan koordinasi pengamanan.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6364 seconds (0.1#10.140)