Angkot mudik Lebaran, sopir & pilot tes urine

Kamis, 01 Agustus 2013 - 14:56 WIB
Angkot mudik Lebaran, sopir & pilot tes urine
Angkot mudik Lebaran, sopir & pilot tes urine
A A A
Sindonews.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan melakukan rapid test urine pada seluruh awak transportasi yang terlibat dalam arus mudik Idul Fitri 1434 hijiriah.

Kepala BNN Sulsel Richard Nainggolan mengatakan, tes urine akan dilaksanakan di sejumlah titik arus mudik, di Kota Makassar. Seperti di Terminal Regional Daya, Mallengkeri, Pelabuhan Soekarno-Hatta, dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

“Posko ini akan dibuka mulai Sabtu 3 Agustus 2013, atau minimal lima hari sebelum Lebaran, dengan melibatkan 40 personel yang akan tergabung dalam operasi ketupat yang digelar jajaran Polda Sulselbar,” ungkap Richard, kepada wartawan, Kamis (1/8/2013).

Menurutnya, tes urine sengaja dilaksanakan bertepatan waktunya dengan pengamanan arus mudik Lebaran, di Makassar untuk melindungi para penumpang bus dari keteledoran sopir, nakhoda, dan pilot.

Para pengkonsumsi aktif narkoba memang dianggap tidak layak mengendarai segala jenis kendaraan bermotor sesuai ketentuan Undang-undang Lalu Lintas sehingga akan ada larangan sopir, nakhoda, maupun pilot untuk mengendarai, jika terbukti pengguna narkoba.

“Rapid test dalam memeriksa urine dapat langsung mengetahui penyalahgunaan konsumsi berbagai jenis narkoba seperti sabu-sabu, kokain, heroin, ganja, hingga obat penenang,” ungkapnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3925 seconds (0.1#10.140)