Daops 6 siap sambut pemudik

Kamis, 01 Agustus 2013 - 15:53 WIB
Daops 6 siap sambut...
Daops 6 siap sambut pemudik
A A A
Sindonews.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) daops 6 Yogyakarta siap menjalankan tugas menyediakan sarana transportasi bagi penumpang selama Lebaran. Setidaknya ada 16 rangkaian kereta api regular dan tujuh kereta tambahan Lebaran yang disiapkan.

PT KAI juga menggandeng aparat kepolisian dan TNI, untuk membantu pengamanan yang sudah ada.

“Semua sarana dan prasaran sudah siap operasi untuk masa angkutan Lebaran, 1 Agustus hingga 18 Agustus mendatang,” jelas Deputi Manager PT KAI Daops 6 Yogyakarta Sri Astuti, Kamis (1/8/2013).

Diperkirakan jumlah penumpang pada Lebaran tahun ini mencapai 156.851 penumpang atau tumbuh 87 persen dibanding tahun lalu. Untuk itulah disiapkan kereta api cadangan, untuk menampung penumpang.

KAI Daops 6 juga menyiapkan 31 lokomotif dan 230 kereta yang akan ditempatkan di depo Yogyakarta dan Solo. Selain itu juga disiapkan alat material Untuk Siaga (Amus) pada titik-titik yang dianggap rawan bencana alam. Amus ini disiapkan di Stasiun Wates, Yogyakarta, Purwosari, Solo Balapan, Sragen, dan Sumberlawang.

“Juru penilik jalan juga sudah siap dan kita bersama dengan pemda setempat akan menambah tanda peringatan di perlintasan sebidang tanpa petugas,” ujarnya.

Kemarin pagi, PT KAI Daops 6 juga telah melakukan gelar pasukan Lebaran. Acara yang dipusatkan di Stasiun Tugu ini, dipimpin langsung dirut Keuangan PT KAI Kurniadi Atmo Sasmito. Dalam sambutannya, Kurniadi mengatakan selama arus Lebaran tidak boleh ada petugas KAI yang cuti ataupun libur. Semua staf akan diperbantukan dalam kapasitas apapun.

“Kita telah melalui empat tahapan Lebaran tanpa masalah, ini yang harus dipertahankan,” jelasnya.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3366 seconds (0.1#10.140)