Jelang mudik, sopir jalani tes urin

Kamis, 01 Agustus 2013 - 20:42 WIB
Jelang mudik, sopir jalani tes urin
Jelang mudik, sopir jalani tes urin
A A A
Sindonews.com - Seminggu atau H-7 Lebaran, warga Kota Medan sudah mulai ramai mudik ke kampung halaman. Puluhan sopir bus menjalani tes kesehatan di Terminal Terpadu Pinang Baris (TTPB) Kota Medan, hal itu gunan mengantisipasi terjadinya kecelakaan selama perjalanan mudik.

Kepala TTPB Kota Medan Ardani Siregar mengatakan, satu per satu sopir bus di periksa kesehatannya oleh tim kesehatan dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kelas Satu Kota Medan.

"Pemeriksaan kesehatan meliputi tes urin, pemeriksaan kadar alkohol dengan menggunakan alat alkohol detektor dan pemeriksaan tensi. Sopir bus yang lulus pemeriksaan kesehatan kemudian diberikan surat jalan oleh petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan," kata dia di Medan, Sumatera Utara, Kamis (1/8/2013).

Dia mengatakan, pemeriksaan kesehatan terhadap sopir bus dilakukan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas selama perjalanan mudik.

"Pemeriksaan kesehatan sopir bus untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang akan pulang ke kampung halaman masing masing," terangnya.

Dia menambahkan, dari hasil sementara belum ditemukan sopir yang menggunakan narkoba. Bahkan, kata dia, pihaknya tidak akan mengizinkan bus yang tidak layak jalan untuk menarik penumpak.

"Hasil pemeriksaan sementara belum ditemukan sopir bus yang tidak lulus tes kesehatan. Petugas Dinas Perhubungan Kota Medan tidak akan memberikan surat izin jalan kepada bus yang tidak layak jalan," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga memeriksa kesiapan armada bus yang akan mengangkut warga untuk pulang ke kampung halamannya. Bus yang layak jalan di tempel stiker kelaikan jalan angkutan Lebaran.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6351 seconds (0.1#10.140)