Besok, 250 pemudik sampai di Magelang

Senin, 05 Agustus 2013 - 17:05 WIB
Besok, 250 pemudik sampai di Magelang
Besok, 250 pemudik sampai di Magelang
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya 250 penumpang program mudik gratis asal Jakarta dengan tujuan Kota Magelang direncanakan akan sampai besok sekira pukul 09.00 WIB. Kota Magelang merupakan salah satu daerah tujuan mudik gratis yang diberikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dari 13 daerah lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Magelang Djadmo Wahyudi mengatakan, program mudik gratis itu juga mengantarkan sedikitnya 105 unit sepeda motor milik pemudik.

"Kendaraan sepeda motor sudah terlebih dulu sampai ke Kota Magelang setelah diangkut menggunakan truk dari Jakarta. Jumlah itu tidak hanya milik pemudik asal Kota Magelang saja, melainkan juga dari daerah lain seperti Kabupaten Magelang, Temanggung dan Purworejo," katanya di Magelang, Senin (5/8/2013).

Untuk itu, sambung dia, kendaraan mereka sudah ada di Kantor Dishubkominfo Kota Magelang dan sudah siap semua untuk diberikan kepada pemiliknya.

"Untuk daerah Kedu yang lain kemungkinan ikut Wonosobo. Karena di area Kedu yang mendapatkan fasilitas gratis ini hanya di Kota Magelang dan Wonosobo. Tetapi tidak ada penekanan atau larangan, warga dari daerah lain juga bisa mendapatkan fasilitas mudik gratis dari Kemenhub ini," imbuh Djadmo.

Kasi Angkutan Dishubkominfo, Noor Singgih mengungkapkan, tanggung jawab penumpang dan kendaraan yang diangkut secara gratis ini memang berada di Kemenhub. Untuk itu segala kerusakan ringan dan berat dalam perjalanan atau pengangkutan, sepenuhnya bakal ditanggung pihaknya.

"Kita memang memfasilitasi semuanya. Termasuk juga mengisi bensin yang kosong, karena memang dalam pengakutan tidak diperkenankan ada bahan bakar di dalam kendaraan. Sebelum tiba juga sudah kami cek ratusan sepeda motor ini," ujarnya.

Singgih menemukan beberapa kendaraan yang rusak dalam proses pengangkutan. Namun hanya kerusakan ringan seperti dek pecah atau lecet-lecet.

"Kalau ada yang pecah, langsung diganti dengan kualitas yang sama," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5795 seconds (0.1#10.140)