Diperkirakan malam ini puncak arus balik

Sabtu, 10 Agustus 2013 - 23:04 WIB
Diperkirakan malam ini puncak arus balik
Diperkirakan malam ini puncak arus balik
A A A
Sindonews.com - Puncak arus balik terutama untuk transportasi umum bus, diperkirakan terjadi mulai Sabtu (10/8/2013) sore, hingga Minggu 11 Agustus ini.

Meskipun demikian, pada tahun 2013 ini gairah jumlah penumpang bus menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini disampaikan oleh Kepala UPTD Terminal Tirtonadi Kota Solo Jamilah kepada wartawan di sela-sela mengatur bus dan penumpang di terminal setempat.

"Perkiraan puncak arus balik pada Sabtu sore ini sampai besok pagi (hari ini). Sejak pagi sampai sekarang belum berarti, tetapi nanti sore mungkin akan membludak," ujar Jamilah, Sabtu (10/8/2013).

Berdasarkan pantauan di lapangan, penumpang dengan tujuan ke arah timur seperti Ngawi, Madiun, hingga Surabaya belum terlihat berjubel hingga pukul 15.00 WIB. Begitu pula dengan bus trayek yang digunakan juga masih tersedia armadanya, sehingga sekitar 25 unit bus cadangan dengan tujuan tersebut, banyak yang menganggur dan diam di terminal.

"Lonjakan penumpang belum terlihat, biasanya membludak tetapi ini saja masih ada di emplasemen (bus trayek). Bus cadangan banyak yang menganggur, sekira 25 unit dengan tujuan Surabaya, Madiun, Ngawi. Ini juga tadi pagi masih longgar, (bus) baru jam 10 ada, masih banyak yang ke arah timur," jelasnya.

Tidak hanya itu, untuk rute ke barat dengan tujuan Jakarta juga masih belum terjadi lonjakan. Menurutnya, sejauh ini baru terlihat enam bus jemputan gratis yang mengantarkan penumpang dalam arus balik gratis pada pukul 09.00 WIB kemarin.

"Mungkin Sabtu istirahat dulu dan perhitungkan untuk balik hari Minggu. Tetapi itu posisi jarak pendek dan untuk jarak jauh paling Sabtu sore ini. (Jumlah penumpang bus di terminal) Kecenderungan menurun," kata dia.

Jamilah menilai, ada tiga faktor yang menjadi penyebab turunnya jumlah penumpang pada 2013 ini. Yakni masa liburan yang dihabiskan sebelumnya sehingga banyak yang melakukan perjalanan mudik di awal, jauh sebelum H1 dan H2.

Lalu liburan Lebaran yang diawali cuti bersama dan mengawali hari raya, serta faktor banyaknya bus mudik gratis antar jemput dari sejumlah institusi atau perusahaan. Meskipun demikian, Terminal Tirtonadi Solo merupakan salah satu terminal di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang terbanyak didatangi penumpang dari berbagai daerah.

Terbukti pada H-3, jumlah penumpang bus reguler yang turun di terminal ini mencapai 94.866 orang, dan naik sekitar 199 persen dibandingkan dengan data tahun sebelumnya di waktu yang sama sejumlah 31.734 orang.

"Persentase yang tertera dalam tabel, apabila minus menunjukkan turunnya penumpang, Sebaliknya bila tidak maka menunjukkan kenaikan jumlah penumpang dibandingkan tahun lalu di waktu yang sama," imbuh

Kasubag TU UPTD Terminal Tirtonadi Solo Eko Agus Susanto mengungkapkan, berdasarkan data angkutan Lebaran 2013 Terminal Tirtonadi Solo dari H-7 hingga H2 atau Jumat 9 Agustus 2013, jumlah penumpang bus reguler yang datang di terminal mencapai 430.749 orang. Sedangkan jumlah penumpang bus reguler yang berangkat dari terminal mencapai 327.251 orang.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6347 seconds (0.1#10.140)