Setiap Hari, 10 Ribu Peziarah Kunjungi Makam Gus Dur

Jum'at, 27 Juni 2014 - 15:55 WIB
Setiap Hari, 10 Ribu Peziarah Kunjungi Makam Gus Dur
Setiap Hari, 10 Ribu Peziarah Kunjungi Makam Gus Dur
A A A
JOMBANG - Jelang Ramadan, makam KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, diserbu peziarah dari berbagai daerah. Tak tanggung-tanggung, jika pada hari biasa jumlahnya hanya sekitar 3 ribu orang, mendekati Ramadan jumlah peziarah terus melonjak hingga mencapai lebih dari 10 ribu orang per hari.

Ribuan peziarah ini terus berdatangan ke makam Gus Dur di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (27/6/2014) siang. Para peziarah bukan hanya datang dari Jawa Timur. Banyak juga yang datang dari provinsi lain, bahkan dari luar Jawa.

Di area makam, mereka berlomba-lomba memanjatkan doa untuk arwah Presiden ke-4 RI tersebut. KH Lukman Hakim, pimpinan Ponpes Tebuireng menjelaskan, jumlah peziarah yang datang ke makam Gus Dur menjelang bulan puasa memang meningkat tajam. "Jika pada hari biasa jumlahnya hanya sekitar 2 ribu sampai 3 ribu orang per hari, menjelang puasa seperti sekarang jumlahnya melonjak hingga mencapai lebih dari 10 ribu orang per hari," katanya.

Selain faktor Ramadan, tingginya kenaikan jumlah peziarah tersebut juga disebabkan saat ini sedang musim liburan sekolah. Peningkatan jumlah peziarah ini diperkirakan akan terus terjadi hingga Sabtu besok.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4691 seconds (0.1#10.140)