Polres Kendal Pastikan Ormas Tak Lakukan Sweeping

Senin, 30 Juni 2014 - 14:42 WIB
Polres Kendal Pastikan Ormas Tak Lakukan Sweeping
Polres Kendal Pastikan Ormas Tak Lakukan Sweeping
A A A
KENDAL - Polres Kendal memastikan pelaksanaan puasa di Bulan Ramadan tahun ini tidak akan diwarnai dengan aksi sweeping yang dilakukan oleh organisasi kemasyarakat (Ormas). Ormas yang nekat melakukan sweeping akan ditindak tegas.

Kapolres Kendal, AKBP Harryo Sugihhartono mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan penertiban tempat hiburan malam maupun lokalisasi yang ada di Kabupaten Kendal. Upaya tersebut guna memberikan kenyamanan dan pengamanan bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa.

"Pada prinsipnya, penertiban dilakukan oleh aparat keamanan, dalam hal ini adalah polisi. Namun, memang ada koordinasi dengan pemerintah setempat. Saling bersinergi untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif," ujarnya, Senin (30/6/2014).

Untuk itu, ormas yang melakukan sweeping di lokasi yang disinyalir digunakan untuk perbuatan maksiat, akan ditindak tegas. Dia juga menyampaikan bahwa tindakan sweeping baik melalui ormas tertentu maupun perorangan bisa dikenai sanksi pidana.

Sejauh ini, pihaknya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah ormas yang ada di Kabupaten Kendal. "Koordinasi sudah kami lakukan ke sejumlah ormas yang ada supaya tidak ada salah paham dalam hal penertiban. Kalau masih ada yang nekat sweeping, maka akan kami tindak tegas, dan sangat dimungkinkan akan dikenai sanksi pidana."

Wakil Bupati Kendal Muhammad Mustamsikin mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak dalam pelaksanaan penertiban tempat hiburan malam dan lokalisasi pada Ramadan tahun ini.

Selain aparat keamanan dan Satpol PP Kabupaten Kendal, koordinasi juga dilakukan dengan ormas yang ada di Kabupaten Kendal. Ormas, kata dia, juga mempunyai tugas menjaga situasi supaya tetap kondusif. Namun, tindakannya hanya informan, bukan melakukan penertiban secara langsung. "Ya hanya memberikan informasi kepada pihak yang berwenang seperti polisi dan Satpol PP. Kalau sweeping itu bukan tugas ormas," tegasnya.

Pihaknya berharap, pelaksanaan puasa Ramadan dapat berjalan secara kondusif berdasarkan sikap toleransi antarumat beragama. "Di Kendal itu beragam. Jadi, kami berharap tetap saling menghormati dan menghargai," tandasnya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Kendal belum mengeluarkan aturan khusus bagi tempat hiburan malam dan lokalisasi yang ada di Kabupaten Kendal selama bulan Ramadan berlangsung. Kendati demikian, pemerintah setempat berjanji melakukan penertiban secara intensif.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5676 seconds (0.1#10.140)