Bekasi Uji Kelaikan Ratusan Bus Mudik 2014

Rabu, 16 Juli 2014 - 16:36 WIB
Bekasi Uji Kelaikan Ratusan Bus Mudik 2014
Bekasi Uji Kelaikan Ratusan Bus Mudik 2014
A A A
BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyiapkan ratusan angkutan khusus untuk mudik Lebaran 2014. Angkutan untuk mengangkut para pemudik dengan berbagai jurusan mulai disiagakan dan diuji kelaikan jalannya hari ini.

Bus yang disiapkan sebanyak 684 bus regular, selain itu ada 103 bus cadangan serta 150 bus bantuan yang akan dioperasikan saat masa mudik Lebaran nanti. Sehingga, H-7 mendatang bus ini sudah bisa mengangkut pemudik.

"Total bus khusus angkutan mudik yang kami siapkan sebanyak 937 bus yang diberangkatkan dari Terminal Bekasi," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Sopandi Budiman kepada Sindonews, saat uji kelaikan kendaraan mudik di Terminal Bekasi, Rabu (16/7/2014).

Menurut Sopandi, jumlah angkutan yang disiapkan meningkat dari tahun sebelumnya. Karena diperkirakan arus mudik Lebaran tahun ini dari wilayah Bekasi meningkat sebesar lima persen dari jumlah pemudik tahun sebelumnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya melakukan uji kelayakan kendaraan mudik selama dua kali. Dimulai hari ini hingga empat hari kedepanya. Sedangkan final uji kelayakan kendaraan itu bisa digunakan mudik atau tidak H-5 Lebaran.

Uji kelaikan yang dilakukan petugas dengan menguji sembilan komponen setiap bus regular tersebut. Termasuk salah satunya, sistem pengereman, lampu kendaraan, body kendaraan dan sistem kemudi bus tersebut.

Pengecekan emisi gas buang angkutan Lebaran juga dilakukan. Bahkan, peralatan wajib disetiap bus angkutan seperti dongkrak, pemecah kaca, dan pemadam kebaran dicek keberadaanya. "Semua kelaikan bus itu kita cek," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6986 seconds (0.1#10.140)