780 Personel Polres Kendal Amankan Arus Mudik

Jum'at, 18 Juli 2014 - 17:43 WIB
780 Personel Polres Kendal Amankan Arus Mudik
780 Personel Polres Kendal Amankan Arus Mudik
A A A
KENDAL - Sedikitnya 780 personel dari Polres Kendal siap diterjunkan untuk memberikan pengamanan arus mudik Lebaran tahun ini. Selain itu, disiapkan juga Pos Pengamanan (Pospam) di delapan titik di sepanjang jalur Pantura di Kabupaten Kendal.

Kapolres Kendal AKBP Harryo Sugihhartono mengatakan, delapan titik Pospam tersebut rencananya ditempatkan di Kaliwungu, Brangsong, Kendal, Patebon, Cepiring, dan Weleri. Rencananya, Pospam mulai aktif Selasa (22/7/2014) setelah dilakukan apel pergeseran pasukan sehari sebelumnya.

"Kami juga telah membentuk sub pospam di 17 titik di seluruh wilayah jalur di Kendal, baik jalur alternatif maupun jalur utama. Delapan Pospam nantinya akan dijaga 20-25 personel polisi tiap harinya, sedangkan Sub Pospam dijaga 10 personel," ujarnya, Jumat (18/7/2014).

Dalam pengamanan arus mudik Lebaran kali ini, pihaknya akan dibantu oleh tim medis dan keamanan satuan lain, antara lain petugas kesehatan dari Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Kesehatan, dan Satuan Karya Pramuka (Saka) Bhayangkara. "Ditambah dengan bantuan pengaman dari Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (Orari) dan petugas Dinas Perhubungan Kendal, aparat TNI, dan petugas Limnas ataupun Satpol PP."

Pengamanan tersebut akan dilakukan selama 24 jam penuh yakni menggunakan sistem dibagi dalam tiga shift setiap harinya, yakni pagi, sore, dan malam hari. "Untuk kendaraan berat seperti truk sudah tidak boleh melintas atau beroperasi sejak H-7 sampai H+7. Kecuali truk pengangkut sembako dan BBM. Jika nekat melintas, akan kami tidak secara tegas dengan penilangan," ungkap dia.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal Subarso menyampaikan bahwa pihaknya juga akan menyiapkan enam posko mudik Lebaran. Posko tersebut nantinya berfungsi untuk mengontrol kondisi arus lalu lintas serta tempat istirahat bagi para pemudik. "Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan dan meminimalisir angka kecelakaan," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7544 seconds (0.1#10.140)