Mulai Hari ini, Sopir Dites Urine

Senin, 21 Juli 2014 - 15:14 WIB
Mulai Hari ini, Sopir Dites Urine
Mulai Hari ini, Sopir Dites Urine
A A A
JAKARTA - Mulai hari ini, Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur memperketat armada mudik yang keluar terminal. Setiap sopir bus harus menjalani tes urine yang hasilnya langsung memberi rekomendasi agar bus bisa keluar terminal.

Pantauan Sindonews di Terminal Kampung Rambutan, Senin (21/7/2014) pagi, nampak posko kesehatan yang berdiri di dalam terminal sudah disiapkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap awak bus.

"Kita cek kondisi sopirnya untuk memastikan mereka dalam kondisi sehat membawa pemudik. Ada tiga rekomendasi yang kami buat setelah sopir menjalani tes kesehatan, seperti layak, layak dengan catata, dan tidak layak," ujar dr, Angga Gumelar, dokter Puskesmas Kecamatan Cipayung, yan bertugas di posko kesehatan tersebut saat ditemui Sindonews.

"Yang kita periksa tensi, nadi, cek gula darah, sama tes urine. Tes urine ada tes amphetamine, benzodiazepine, itu dia pakai obat penenang atau enggak. Tes marijuana, dan respirasi alkohol," sambung Angga.

Sejauh ini pukul 12.00 WIB, baru 12 sopir bus yang diperiksa urinenya.

"Semuanya dalam kategori layak. Ada satu orang yang layak dengan catatan karena darahnya agak tinggi sedikit," imbuh Angga.

Kata Angga, sopir yang masuk dalam kategori layak dengan catatan akan diperiksa di klinik dan masih diperbolehkan mengemudi. Sedangkan yang positif narkoba akan dilimpahkan ke BNN dan kepolisian.

"Misal layak dengan catatan dikasih ke klinik, ada terapinya. Yang tidak layak, kita lihat dulu. Kalau positif narkoba kita ajukan ke BNN, lalu ke Dishub dan pihak kepolisian. Kita tidak merekomendasikan untuk mengemudi," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3839 seconds (0.1#10.140)