Ini Upaya Kemenhub Antisipasi Puncak Arus Mudik

Selasa, 22 Juli 2014 - 11:40 WIB
Ini Upaya Kemenhub Antisipasi Puncak Arus Mudik
Ini Upaya Kemenhub Antisipasi Puncak Arus Mudik
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono mengungkapkan pihaknya telah melakukan sejumlah upaya untuk mengantisipasi puncak arus mudik lebaran yang diperkirakan akan terjadi pada H-2 dan H-3 sebelum lebaran.

"Kita yang pertama mewartakan, agar pemudik yang menggunakan jalan, mereka tahu persis kondisi jalan yang akan dihadapi. Jadi ada pilihan kapan mereka akan berangkat, jalur mana yang akan dilewati," ujar dia di Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Jakarta, Senin 21 Juli 2014 sore.

Selain itu, sambung Bambang, untuk mengantisipasi beberapa titik yang menjadi langganan pasar tumpah, pihaknya juga telah melakukan rekayasa lalu lintas. Serta terus memonitor langsung kondisi jalan yang ada disana.

"Karena ini ada beberapa titik yang merupakan langganan pasar tumpah seperti impang Jaumin-Cikopo, simpang Kanji-Pejagan, itu memang kita lakukan rekayasa lalulintas,: terangnya.

Di lokasi tersebut, sejumlah petugas kepolisian dan dinas perhubungan akan stanby untuk melakukan pengamanan agar pedagang dan pembeli di pasar tumpah tidak ke jalan.

Dia menuturkan, alternatif untuk melakukan buka-tutup jalan pun mungkin akan dilakukan. Terlebih, dengan amblesnya jembatan Comal yang terletak di Jalur Pantura Jawa Tengah. Skenario lalu lintas pun menurutnya jadi sedikit berubah.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5057 seconds (0.1#10.140)