Puncak Arus Mudik di Merak Terjadi Malam Ini

Jum'at, 25 Juli 2014 - 14:54 WIB
Puncak Arus Mudik di Merak Terjadi Malam Ini
Puncak Arus Mudik di Merak Terjadi Malam Ini
A A A
CILEGON - PT Angkutan Sungai, Danau, dan Pelabuhan (ASDP) Cabang Merak memprediksi puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten terjadi pada hari ini atau H-3 menjelang Lebaran. Diperkirakan terjadi penumpukan pada malam hari.

"Hari ini diperkirakan puncak arus mudik, alasannya para pegawai kantoran maupun pabrik hari ini terakhir masuk kerja. Kita sudah siapkan dermaga empat dan lima khusus pengangkut kendaraan roda dua dan empat, dan menambah loket karcis untuk pemudik pejalan kaki menjadi 10 loket," kata Humas PT ASDP Cabang Merak Mario S Oetomo di Posko Terpadu Arus Mudik Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (25/7/2014).

Dari pengalaman tahun kemarin, lanjut Mario, bahwa pada H-3 yang jatuh pada hari ini, diperkirakan terjadi antrean atau kepadatan, baik itu volume kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, maupun pemudik pejalan kaki. "Seperti biasanya yang sudah menjadi kelaziman, pemudik yang ingin menyeberang dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera lebih memilih waktu malam hari," jelasnya.

Ia menyarankan agar pemudik menyeberang di siang hari karena lebih leluasa dan nyaman. Selain itu, agar terhindar pula dari penumpukan penumpang pada malam hari. "Kami prediksi akan terdapat sekitar 20 ribu kendaraan bermotor. Kita perkirakan lonjakan akan terjadi mulai pukul 20.00 WIB nanti malam," ungkapnya

Menurut data terbaru yang dikeluarkan oleh pihak ASDP Cabang Merak, sebanyak 103.233 penumpang sudah diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Data itu adalah data dari Kamis (24/7/2014) pagi hingga Jumat (25/7/2014) pagi, dengan trip atau perjalanan kapal sebanyak 93 trip yang mengerahkan 28 kapal. Sedangkan untuk roda dua, sudah diseberangkan sebanyak 10.609 kendaraan, sementara kendaraan roda empat sebanyak 10.172 kendaraan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6391 seconds (0.1#10.140)