Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Padang Salat Ied Hari ini

Minggu, 27 Juli 2014 - 10:43 WIB
Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Padang Salat Ied Hari ini
Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Padang Salat Ied Hari ini
A A A
PADANG - Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang, Sumatera Barat melakukan salat Idul Fitri hari ini. Jatuhnya 1 Syawal 1435 H pada hari ini berdasarkan penghitungan Rukhiyat dan Hisab Munjid.

Yakni penanggalan berdasarkan jatuhnya 1 Syawal pada tahun sebelumnya. Salat Ied pada hari ini serentak dilakukan oleh seluruh Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di berbagai daerah di Sumatera Barat

Suara kumandang takbir sudah mulai terdengar dari salah satu mssjid di Kampung Binuang, Kecamatan Pauh Kota Padang pada Minggu pagi ini.

Puluhan Jamaah Tarekat Naqsabandiyah ini satu persatu mendatangi surau baru di Kampung Binuang Pauh ini untuk melaksanakan salat Ied pada hari ini.

Salat Idul Fitri dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dipimpin oleh Edizon Revindo dan khatib Zahar, Tarekat Naqsabandiyah menetapkan 1 Syawal1435 hari ini berdasarkan Rukiyat dan Hisab Munjib. Yakni penanggalan secara turun temurun yang dilakukan berdasarkan penghitungan jatuhnya 1 Syawal pada tahun sebelumnya.

Tarekat Naqsabandiyah untuk menentukan masuknya bulan Rsmadan dan 1 Syawal menggunakan dua perhitungan yakni dengan cara menghitung mundur penanggalan kalender dan melihat bulan. Sebelumnya para jamaah ini juga telah melaksanakan puasa selama 30 hari.

Usai melaksanakan salat Ied, Imam Naqsabandiyah membacakan ceramah dengan menggunakan bahasa Arab yang kemudian ditutup dengan takbir.

Menurut Imam Naqsabandiyah Malin Rajo, selain di Kota Padang salat Ied juga dilakukan di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Solok dan Pariaman Sumatera Barat.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2936 seconds (0.1#10.140)