Arus Balik di Garut Sangat Padat

Jum'at, 01 Agustus 2014 - 19:06 WIB
Arus Balik di Garut Sangat Padat
Arus Balik di Garut Sangat Padat
A A A
GARUT - Kemacetan arus balik di Kabupaten Garut masih terjadi. Pada H+4 Lebaran, kemacetan parah kembali terulang di jalur Singaparna-Cilawu-Garut Kota-Tarogong-Leles-Kadungora.

Menumpunya kendaraan diperparah dengan banyaknya arus balik dari kawasan selatan Garut. Aliran kendaraan seperti dari arah Pameungpeuk-Cikajang, Bungbulang-Cikajang, dan Peundeuy-Cikajang membuat kondisi lalu lintas jalur Tarogong-Kadungora semakin padat.

Salah satu antrean kendaraan yang cukup parah terjadi di kawasan Bundaran Simpang Lima Garut. Kemacetan ini mengular hingga Singaparna, Tasikmalaya. Di wilayah Kecamatan Tarogong Kaler, kemacetan pun menyesaki jalur menuju objek wisata Cipanas.

Kondisi ini sama persis dengan situasi yang terjadi pada Kamis (31/7/2014). Seorang pemudik yang akan pulang ke kota tempat tinggalnya di Bekasi, Irwan Kusumah (35) mengaku telah terjebak dalam kemacetan di kawasan perkotaan Garut sejak siang.

"Pada tahun-tahun sebelumnya, saya dan keluarga dari Tasikmalaya biasa melintasi jalur Malangbong-Limbangan. Baru pada tahun ini, saya dan kendaraan yang pulang dari arah Tasik diharuskan kembali melalui jalur Singaparna. Namun kami semua terjebak dalam kemacetan dimulai dari Singaparna sejak siang," kata Irwan, Jumat (1/8/2014).

Dia mengaku kemacetan yang dialaminya telah menyita waktu perjalanannya sekitar 5 jam. Irwan sendiri sebelumnya telah memprediksi akan terjebak dalam kemacetan tersebut. "Mungkin dampak dari pengalihan arus dari kawasan Pantura ke jalur wilayah Garut. Akibatnya, jalur jadi padat sekali," ujarnya.

Penggunaan jalan By Pass Banyuresmi pun rupanya tidak mampu mengurai kemacetan. Alhasil, jalan ini sempat beberapa kali ditutup karena memperparah kemacetan di tengah-tengah jalur Tarogong-Leles.

Sejumlah jalur alternatif lain seperti jalur Wanaraja-Cibatu pun tak luput dari kepadatan arus balik Lebaran. Kendaraan yang melintasi jalur ini adalah para pemudik yang ingin menghindari kemacetan di jalur Tarogong-Leles.

Kepadatan arus juga ditemukan di jalur Malangbong-Limbangan. Rata-rata, kendaraan yang melintasi jalur ini berasal dari arah Ciamis menuju Bandung. Di jalur Singaparna-Cilawu-Garut Kota-Tarogong-Kadungora dan jalur Malangbong-Limbangan, arus lalu lintas didominasi oleh kendaraan berpelat nomor Jakarta. Anggota polisi yang bertugas, beberapa kali melakukan sistem buka tutup jalur.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5638 seconds (0.1#10.140)