Kekayaan Nabi Muhammad SAW Capai Triliunan, Beliau Tetap Hidup Sederhana

Jum'at, 10 Februari 2023 - 08:27 WIB
Pada masa Muawiyah beliau membeli rumah Shafiyah dengan harga 100.000 Dirham. Muawiyah juga membeli rumah Aisyah dengan harga 200.000 Dirham. Berarti satu rumahnya senilai sekitar 15 Milyar. Dan Rasulullah ﷺ memiliki 9 rumah.

Masih banyak hal lain yang disebutkan dalam kitab tersebut. Termasuk nilai sedekah dan hadiah Nabi Muhammad ﷺ yang juga sangat fantastis nilainya. Beliau adalah orang paling dermawan.

Dalam satu riwayat dari Ibnu Abbas radiyallahu 'anhuma disebutkan:

كَانَ النَّبِيُّ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُوْنُ فِيْ رَمَضَانَ، حِيْنَ يَلْقَاهُ جِبْرِيْلُ فَيُدَارِسُهُ القُرْآنَ وَكَانَ جِبْرِيْلُ يَلْقَاهُ كُلَّ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ، فَيُدَارِسُهُ القُرْآنَ، فَكَانَ رَسُوْلُ الله حِيْنَ يَلْقَاهُ أَجْوَدَ بِالخَيْرِ مِن الرِّيْحِ المُرْسَلَةِ

Artinya: "Nabi shollallahu 'alaihi wasallam adalah orang yang sangat dermawan, dan beliau lebih dermawan pada bulan Ramadhan, saat beliau ditemui Jibril untuk membacakan padanya Al-Qur'an. Jibril menemui beliau setiap malam pada bulan Ramadhan, lalu membacakan padanya Al-Qur'an. Rasulullah ketika ditemui Jibril lebih dermawan dalam kebaikan daripada angin yang berhembus." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat isya' dan shalat subuh.  Sekiranya mereka mengetahui pahala yang ada pada keduanya, pasti mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak.

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 789)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More