Biografi Abu Hasan Al-Asy'ari, Imam Besar Ahli Sunnah Wal Jamaah

Selasa, 07 Maret 2023 - 23:52 WIB
Abu Hasan Al-Asy'ari terkenal dengan pemikirannya terkait aqidah dengan karya monumentalnya berjudul "Maqalat al-Islamiyyin". Kitab ini berisikan sejarah perkembangan berbagai sekte dalam Islam sejak zaman kenabian hingga di masanya.

Beliau juga memiliki beberapa karya besar dalam berbagai bidang ilmu. Di dalam ilmu Hadits, Abu Hasan Al-Asy'ari membuat kitab khusus yang berisikan bantahan terhadap Ibnu Rawandi, salah satu tokoh Muktazilah yang menentang Hadits mutawatir.

Dalam bidang tafsir Al-Qur'an, beliau menulis kitab tafsir al-Mukhtazin. Di bidang ushul fiqh, beliau menulis kitab al-Ijtihad dan al-Qiyas. Menurut Ibnu as-Sakir, Abu al-Hasan al-Asy’ari memiliki 90 karya tulis. Menurut Ibnu Hazm, Ibnu Katsir, dan Ibnu Imad al-Hambali, beliau memiliki 55 karya tulis.

Menurut Tajuddin as-Subuki, beliau memiliki 21 karya tulis. Akan tetapi, saat ini hanya ada 8 karya beliau yang tercetak, yaitu Kitab Maqalat al-Islamiyyah, kitab al-Luma' fi Radd ala Ahli Zaigh wal Bida', kitab Tafsir al-Qur’an, kitab al-Imad fi Ru'ya, kitab Risalah al-Iman, kitab Risalah al-Istihsan al-Khaud di Ilm al-Kalam, kitab Qaul Jumlah Ashab al-Hadits wa Ahlussunnah fi al-I’tiqad, dan kitab al-Ibanah an Ushul ad-Diyanah.

Kewafatan

Imam Abu Hasan Al-Asy'ari wafat di Baghdad Irak pada Tahun 324 H (935 M). Menjelang wafatnya, Imam Abu Hasan al-Asy'ari berwasiat kepada murid-muridnya supaya tidak megkafirkan sesama muslim.

(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Al Aghar Al Muzanni, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya hatiku tidak pernah lalai dari dzikir kepada Allah subhanahu wa ta'ala, sesungguhnya aku beristighfar sebanyak seratus kali dalam sehari.

(HR. Muslim No. 4870)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More