Tata Cara Ziarah Kubur Lengkap Bacaan Doa dan Artinya

Rabu, 08 Maret 2023 - 07:15 WIB
Setiap peziarah dianjurkan mencari tempat nyaman di sisi kuburan. Tidak dibenarkan duduk di atas kuburan atau batu nisan agar tidak menyakiti ahli kubur. Dalam satu Hadits riwayat Al-Bukhari disebutkan bahwa orang yang meninggal dunia (ahli kubur) dapat mendengar suara sandal orang-orang yang mengiringinya, saat mereka meninggalkan kuburnya.

4. Membaca Istighfar (3 Kali)

Dianjurkan membaca kalimat istighfar sebagai wujud penghambaan kepada Allah.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ


AstaghfirulloHal 'Adzim, Alladzi La ilaha Illa Huwal hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi.

Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

5. Membaca Surah Al-Fatihah untuk Penghuni Kubur

Dianjurkan membaca Surah Al-Fatihah yang pahalanya diniatkan untuk ahli kubur. Berikut kalimat pengantarnya:

اِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ وَاَلِهِ وصَحْبِهِ شَيْءٌ لِلهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ


Artinya: "Dengan nama Allah yang Maha pengasih lagi Maha penyayang. Untuk yang terhormat Nabi Muhammad SAW, segenap keluarga, dan para sahabatnya. Bacaan Surat Al-Fatihah ini kami tujukan kepada Allah dan pahalanya untuk mereka semua. Al-Fatihah..." (Membaca Al-Fatihah).

6. Mengirim Al-Fatihah untuk Orang Tua Atau Keluarga

Sebelum berdoa dianjurkan mengirim Surat Al-Fatihah kepada orang tua atau keluarga yang meninggal dunia. Berikut lafaznya: Al-Fatihah ila Ruuhi Abi...Bin... (sebutkan nama Ayah atau suami), Lahul Faatihah.

Untuk ibu atau saudara perempuan: Al-Faatihah ilaa Ruuhi Ummi...Binti... (sebutkan nama ibu atau saudara perempuan), Lahal Faatihah.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ . الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم . مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ . إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ . اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ . صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ


Bismillahir Rahmanir Rahim. Alhamdu lillahi Rabbil 'Aalamin. Arrahmaanirrahiim. Maaliki Yaumiddiin. Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin. Ihdinash-shirraatal mustaqiim. Shiraathal ladziina an'amta 'alaihim, Ghairil Maghduubi 'Alaihim wa Ladh-dhaalliin. (QS Al-Fatihah ayat 1-7)

7. Membaca Ayat-ayat Al-Qur'an

- Awal Surat Al-Baqarah ayat 1-5

- Ayat Kursi

- Dua Ayat Terakhir Al-Baqarah

- Surat Al-Ikhlas 3 Kali
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:  Itu adalah shalatnya orang-orang munafik, itu adalah shalatnya orang-orang munafik, itu adalah shalatnya orang-orang munafik.  Salah seorang dari mereka duduk hingga sinar matahari telah menguning, tatkala itu ia sedang berada di antara dua tanduk setan atau pada dua tanduk setan.  Maka dia bengkit untuk shalat, dia shalat empat rakaat dengan sangat cepat (seperti burung mematuk makanan),  dia tidak mengingat Allah padanya kecuali sangat sedikit.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 350)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More