Mengerikan! Beginilah Keadaan Pelaku Riba di Neraka

Jum'at, 17 Juli 2020 - 14:54 WIB
الرِّبَا سَبْعُونَ حُوبًا أَيْسَرُهَا أَنْ يَنْكِحَ الرَّجُلُ أُمَّهُ

" Riba itu ada 70 dosa. Yang paling ringan adalah seperti seseorang menzinai ibu kandungnya sendiri". (HR Ibnu Majah No. 2274. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadis ini hasan)

4. Pemakan Riba Lebih Parah dari 33 Kali Zina.

Jeleknya riba disebutkan oleh seorang Tabi'in yang bernama Ka'ab Al-Ahbar, seorang mantan pendeta Yahudi yang paham akan Kitab Yahudi. Bahkan bisa mengetahui secara umum mana yang shahih dan batil dari kitab itu (lihat Siyar A'lam An-Nubala’, 3 : 489 - 894).

Ka'ab al-Ahbar rahimahullah menyatakan:"Aku berzina sebanyak 33 kali lebih aku suka daripada memakan satu dirham riba yang Allah tahu aku memakannya ketika aku memakan riba ". (HR. Ahmad, 5 : 225. Syeikh Syu'aib Al-Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).Di sini beliau bukan menghalalkan riba melainkan membandingkan dosa.

Akibat Memakan Riba

1. Allah tidak menerima sedekah, infaq, dan zakat yang dikeluarkan dari harta riba.

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda:

أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّبًا

"Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu thayyib (baik). Allah tidak akan menerima sesuatu melainkan dari yang thayyib (baik)". (HR Muslim no. 1015).Yang dimaksud dengan Allah tidak menerima selain dari yang thayyib (baik) telah disebutkan maknanya dalam hadits tentang sedekah.

Ada seorang khalifah yang bertanya kepada seorang yang gila. Wahai engkau, bolehkah aku bertanya? Silakan. Jika aku memiliki harta yang ada bunga itu haram tapi saya mengeluarkan untuk sedekah bagaimana hukumnya? Kata seorang yang gila ini, engkau mempunyai harta yang riba itu haram, kalau kau sedekahkan berpahala sehingga berkurang dosamu.

Kata Imam Abu Hanifah ini orang cerdas. Dia punya harta riba itu dosa dan dia keluarkan karena berpikir mendapat pahala sehingga berkurang dosanya. Padahal sedekahnya itu tidak diterima karena Allah hanya menerima segala sesuatu yang thayyib (baik).

2. Doa Pemakan Riba Sulit Terkabul.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW menceritakan:"Ada seorang laki-laki yang telah menempuh perjalanan jauh, sehingga rambutnya kusut dan berdebu. Orang itu mengangkat tangannya ke langit seraya berdoa:

يَا رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِىَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لِذَلِكَ

"Wahai Rabbku, wahai Rabbku." Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram dan diberi makan dari yang haram, maka bagaimanakah Allah akan memperkenankan doanya?" (HR Muslim no. 1014)

3. Memakan Riba Membuat Hati Keras.

Allah Ta'ala berfirman:

كَلَّا بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

"Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka". (QS Al-muthaffifin: 14)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Bakar Ash Shiddiq radhiyallahu 'anhu, ia berkata kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: Ajarkanlah aku suatu do'a yang bisa aku panjatkan saat shalat!. Maka Beliau pun berkata: Bacalah! ALLAHUMMA INNII ZHALAMTU NAFSII ZHULMAN KATSIIRAN WA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLAA ANTA FAGHFIRLII MAGHFIRATAN MIN 'INDIKA WARHAMNII INNAKA ANTAL GHAFUURUR RAHIIM (Ya Allah, sungguh aku telah menzhalimi diriku sendiri dengan kezhaliman yang banyak, sedangkan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka itu ampunilah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang)

(HR. Bukhari No. 790)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More