Hikmah Puasa Ramadan dan 7 Manfaatnya Bagi Tubuh

Minggu, 12 Maret 2023 - 07:30 WIB
Puasa Ramadan memiliki manfaat besar bagi ruh dan jasad. Di antara manfaatnya, yaitu: menghidupkan hati yang lalai, menguatkan jiwa dan ruhani, melatih ruh untuk mengenal dan taat kepada Allah, melatih kesabaran untuk mengendalikan hawa nafsu, memberi pengaruh positif untuk kesehatan tubuh.

Secara medis, puasa memiliki manfaat besar bagi tubuh. Tim Promkes RSST-RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, menyebutkan 7 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh:

1. Mengontrol Gula Darah.

2. Mengurangi Peradangan.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung.

4. Meningkatkan Fungsi Otak.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan.

6. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan.

7. Mencegah Kanker.

Itulah hikmah puasa Ramadan dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Tak hanya untuk kesehatan, puasa memberi pengaruh positif untuk melatih jiwa dan menjadikan seseorang menjadi hamba bertakwa. Semoga bermanfaat.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
وَكَذٰلِكَ جَعَلۡنَا فِىۡ كُلِّ قَرۡيَةٍ اَكٰبِرَ مُجۡرِمِيۡهَا لِيَمۡكُرُوۡا فِيۡهَا‌ ؕ وَمَا يَمۡكُرُوۡنَ اِلَّا بِاَنۡفُسِهِمۡ وَمَا يَشۡعُرُوۡنَ
Dan demikianlah pada setiap negeri Kami jadikan pembesar-pembesar yang jahat agar melakukan tipu daya di negeri itu. Tapi mereka hanya menipu diri sendiri tanpa menyadarinya.

(QS. Al-An'am Ayat 123)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More