Sambut Bulan Dzulhijjah, Ini 5 Amalan yang Sangat Dianjurkan

Senin, 27 Juni 2022 - 23:33 WIB
Dalam Hadis Shahih riwayat Imam Ahmad dan Imam al-Hakim yang berbunyi: "Tiga perkara yang bagiku hukumnya fardhu tapi bagi kalian hukumnya tathawwu' (sunnah), yaitu salat witir, menyembelih udhiyah dan salat dhuha." (HR. Ahmad dan Al-Hakim).

Imam an-Nawawi (wafat 676 H) dalam Kitab al-Majmu' Syarh al-Muhadzdzab menyebutkan bahwa sesungguhnya ibadah kurban lebih baik dari pada sedekah sunnah. (Baca Juga: Keutamaan Berkurban Saat Idul Adha, Pahalanya Tak Terhitung)

4. Berdzikir

Selain berpikir, berdzikir adalah salah satu aktivitas paling penting yang dilakukan oleh seorang muslim yang disebut sebagai Ulil Albab. Merekalah yang selalu berdzikir dalam berbagai kondisi. Saat berdiri, duduk, bahkan juga saat berbaring. Kalau dzikir dalam bentuk salat ada yang wajib dan ada yang sunnah, maka dzikir di luar salat rata-rata adalah anjuran yang sangat baik sekali untuk diamalkan. Dan salat adalah salah satu syariat yang

berfungsi agar kita selalu ingat Allah Ta'ala. Tentu saja dzikir juga memiliki fungsi tersebut.

Aktivitas muslim akan semakin utama ketika hal tersebut bertemu dengan momentum yang penuh dengan beragam keutamaan. Itulah momentum sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah dengan memperbanyak dzikir

kepada Allah Ta'ala. Rasulullah SAW secara tegas memerintahkan kita memperbanyak dzikir tahlil, takbir, tasbih, dan tahmid. Tidak ada jumlah dan waktu baku terkait Semakin banyak tentu saja akan semakin berpahala.

5. Salat Idul Adha

Rukun Islam yang kedua ini adalah syiar paling tampak dalam kehidupan seorang muslim. Dan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah bisa dijadikansebagai momentum untuk semakin memperkuat lagi semangat melaksanakannya dengan cara terbaik yang bisa kita lakukan. Karena salat di hari-hari itu, berjamaahnya, apalagi ditambah dengan segala macam sunnah-sunnahnya, adalah amalan utama yang dilakukan di hari-hari utama pada 10 pertama Dzulhijjah .

Ada satu jenis salat khusus di hari terakhir dari 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Itulah hari raya Idul Adha . Yang dalam surat Al-Kautsar, kita diperintahkan di hari itu untuk melaksanakan shalat Idul Adha. Terlepas ada penafsiran lain atas ayat tersebut, akan tetapi penafsiran dengan Salat Id adalah juga penafsiran yang kuat dan menunjukkan betapa pentingnya Salat Idhul Adha tersebut untuk ditunaikan.

Demikian lima amalan istimewa yang dianjurkan di bulan Dzulhijjah . Adapun keutamaan bulan-bulan haram adalah setiap amal saleh dilipatgandakan pahalanya, dan sebaliknya dosa yang dilakukan di bulan ini juga diganjar serupa. Semoga Allah memberi kita taufik untuk bisa beramal saleh di bulan Dzulhijjah.



Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Jabir bin Abdillah dia berkata, saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallah (tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah). Dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillah (segala puji bagi Allah).

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 3790)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More