Lailatulqadar dan Surat Al-Qadar Menurut Quraish Shihab

Rabu, 05 April 2023 - 05:15 WIB
Prof Dr Quraish Shihab/Foto Ist
Prof Dr Muhammad Quraish Shihab mengatakan berbicara tentang Lailat Al-Qadar atau Lailatulqadar mengharuskan kita berbicara tentang surat Al-Qadar .

Menurutnya, Surat Al-Qadar adalah surat ke-97 menurut urutannya dalam Mushaf. Ia ditempatkan sesudah surat Iqra' . Para ulama Al-Qur'an menyatakan bahwa ia turun jauh sesudah turunnya surat Iqra'. "Bahkan sebagian di antara mereka menyatakan bahwa surat Al-Qadar turun setelah Nabi SAW berhijrah ke Madinah," ujar Quraish Shihab dalam bukunya berjudul " Wawasan Al-Qur'an ".

Penempatan urutan surat dalam Al-Qur'an dilakukan langsung atas perintah Allah SWT, dan dari perurutannya ditemukan keserasian-keserasian yang mengagumkan.

Quraish menjelaskan kalau dalam surat Iqra' Nabi SAW (demikian pula kaum Muslim) diperintahkan untuk membaca, dan yang dibaca itu antara lain adalah Al-Qur'an, maka wajar jika surat sesudahnya yakni surat Al-Qadar ini berbicara tentang turunnya Al-Qur'an, dan kemuliaan malam yang terpilih sebagai malam Nuzul Al-Quran .





Bulan Ramadan memiliki sekian banyak keistimewaan, salah satunya adalah Lailat Al-Qadar, suatu malam yang oleh Al-Qur'an "lebih baik dari seribu bulan."

Tetapi apa dan bagaimana malam itu? Apakah ia terjadi sekali saja yakni malam ketika turunnya Al-Quran lima belas abad yang lalu, atau terjadi setiap bulan Ramadan sepanjang masa?

Bagaimana kedatangannya, apakah setiap orang yang menantinya pasti akan mendapatkannya, dan benarkah ada tanda-tanda fisik material yang menyertai kehadirannya (seperti membekunya air, heningnya malam, dan menunduknya pepohonan dan sebagainya)?

Bahkan masih banyak lagi pertanyaan yang dapat dan sering muncul berkaitan dengan malam Al-Qadar itu.

Menurut Quraish Shihab, yang pasti dan harus diimani oleh setiap Muslim berdasarkan pernyataan Al-Quran bahwa, "Ada suatu malam yang bernama Lailat Al-Qadar, dan bahwa malam itu adalah malam yang penuh berkah, di mana dijelaskan atau ditetapkan segala urusan besar dengan penuh kebijaksanaan."

"Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penuh hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami". (QS Al-Dukhan [44]: 3-5).



Malam tersebut terjadi pada bulan Ramadan, karena kitab suci menginformasikan bahwa ia diturunkan Allah pada bulan Ramadan ( QS Al-Baqarah [2] : 185) serta pada malam Al-Qadar ( QS Al-Qadr [97] : l).

Malam tersebut adalah malam mulia. Tidak mudah diketahui betapa besar kemuliannya. Hal ini disyaratkan oleh adanya "pertanyaan" dalam bentuk pengagungan, yaitu: "Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?" ( QS Al-Qadr [97] : 2)

Quraish Shihab menjelaskan, 13 kali kalimat ma adraka terulang dalam Al-Quran, 10 di antaranya mempertanyakan tentang kehebatan yang berkait dengan hari kemudian, seperti: Ma adraka ma yaum al-fashl, dan sebagainya. Kesemuanya merupakan hal yang tidak mudah dijangkau oleh akal pikiran manusia, kalau enggan berkata mustahil dijangkaunya. Tiga kali ma adraka sisa dari angka tiga belas itu adalah:

"Tahukah kamu apakah yang datang pada malam hari itu?" ( QS Al-Thariq [86] : 2)

"Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu?" ( QS Al-Balad [90] : 12)

"Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?" ( QS Al-Qadr [97] : 2)

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
يَمۡحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرۡبِى الصَّدَقٰتِ‌ؕ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيۡمٍ
Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.

(QS. Al-Baqarah Ayat 276)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More