7 Keutamaan Zakat dalam Al-Qur'an dan Hadis

Sabtu, 15 April 2023 - 23:27 WIB
Salah satu keutamaan zakat adalah mendatangkan ketenteraman dan menyucikan jiwa. Foto ilustrasi/shutterstock
Keutamaan zakat dalam Islam penting diketahui kaum muslim. Kata zakat berasal dari bahasa Arab (زكاة) yang artinya menyucikan.

Zakat merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib ditunaikan setiap muslim apabila mampu dan memiliki kelebihan harta. Perintah menunaikan zakat ini ditegaskan oleh Allah Ta'ala dalam Al-Qur'an :

وَاَقِيۡمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارۡكَعُوۡا مَعَ الرّٰكِعِيۡنَ


Artinya: "Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk." (QS Al-Baqarah ayat 43)

Adapun keutamaan zakat dijelaskan oleh Pengasuh Ma'had Subuluna Bontang Kalimantan Timur Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq dalam satu kajiannya. Berikut tujuh Ayat dan Hadis yang menjelaskan tentang keutamaan zakat:



1. Jaminan Keselamatan

Keutamaan zakat salah satunya menjadi jaminan keselamatan bagi seorang muslim sebagaimana firman Allah:

اِنَّ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتَوُا الزَّكٰوةَ لَهُمۡ اَجۡرُهُمۡ عِنۡدَ رَبِّهِمۡ‌ۚ وَلَا خَوۡفٌ عَلَيۡهِمۡ وَلَا هُمۡ يَحۡزَنُوۡنَ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati." (QS Al Baqarah ayat 277)

2. Pahala Berlipat Ganda

Keutamaan berikutnya diganjar pahala berlipat ganda. Hal ini diterangkan dalam Al-Qur'an:

وَمَاۤ اٰتَيۡتُمۡ مِّنۡ زَكٰوةٍ تُرِيۡدُوۡنَ وَجۡهَ اللّٰهِ فَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡمُضۡعِفُوۡنَ

Artinya: "...Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipatgandakan pahalanya." (QS Ar-Ruum ayat 39)

3. Mendatangkan Ketenteraman dan Menyucikan Jiwa

Menunaikan zakat juga dapat mendatangkan ketentraman dan menyucikan jiwa.

خُذۡ مِنۡ اَمۡوَالِهِمۡ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمۡ وَتُزَكِّيۡهِمۡ بِهَا وَصَلِّ عَلَيۡهِمۡ‌

Artinya: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu menjadi ketenteraman jiwa bagi mereka..." (QS At-Taubah ayat 103)

4. Amalan yang Mengantarkan Seseorang ke Surga

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa seorang Arab Badui mendatangi Nabi ﷺ seraya berkata, "Wahai Rasulullah, beritahu aku suatu amalan, bila aku mengerjakannya, aku masuk surga?"
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Yang pertama kali yang dihisab (dihitung) dari perbuatan seorang hamba pada hari Kiamat adalah shalatnya. Jika sempurna ia beruntung dan jika tidak sempurna, maka Allah Azza wa Jalla berfirman, Lihatlah apakah hamba-Ku mempunyai amalan shalat sunnah? Bila didapati ia memiliki amalan shalat sunnah, maka Dia berfirman Lengkapilah shalat wajibnya yang kurang dengan shalat sunnahnya

(HR. Nasa'i No. 463)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More