Makna Ucapan Minal 'Aidin Wal Faizin, Ini Versi Lengkapnya

Jum'at, 21 April 2023 - 15:37 WIB
Artinya: "Semoga Allah menjadikan kita menjadi bagian dari orang-orang yang kembali dan orang-orang yang mendapatkan kemenangan/keberuntungan."

Namun bukan berarti kita tidak boleh mengucapkan ungkapan "Minal 'Aidin Wal Faizin" saat Lebaran. Silakan digunakan selama tidak ada larangannya.

Atau umat muslim bisa juga mengucapkan kalimat

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ


Taqobbalallahu Minna wa Minkum wa Taqobbal Yaa Kariim.

Selama ucapan dan kalimat tersebut mengandung kebaikan, silakan. Apalagi ucapan tahniah lebaran itu tidak termasuk ritual ibadah atau sarana taqarrub ilallah. Semoga bermanfaat.

(rhs)
Halaman :
Follow
cover top ayah
اَللّٰهُ يَتَوَفَّى الۡاَنۡفُسَ حِيۡنَ مَوۡتِهَا وَالَّتِىۡ لَمۡ تَمُتۡ فِىۡ مَنَامِهَا‌ ۚ فَيُمۡسِكُ الَّتِىۡ قَضٰى عَلَيۡهَا الۡمَوۡتَ وَ يُرۡسِلُ الۡاُخۡرٰٓى اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى‌ ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰیٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ
Allah memegang nyawa seseorang pada saat kematiannya dan nyawa seseorang yang belum mati ketika dia tidur, maka Dia tahan nyawa orang yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia lepaskan nyawa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir.

(QS. Az-Zumar Ayat 42)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More