15 Manfaat Zikir Pagi dan Petang, Mendapat Ampunan Dosa Hingga Terlindung dari Mara Bahaya

Selasa, 09 Mei 2023 - 08:09 WIB
Banyak manfaat atau faedah dalam mengamalkan zikir baik di pagi hari maupun zikir di waktu petang, salah satunya terlindung dari marabahaya. Foto ilustrasi/ist
Manfaat zikir pagi dan petang perlu diketahui oleh setiap umat Islam. Dengan mengetahui manfaat dari zikir ini dapat menjadikan kita untuk selalu termotivasi dalam melaksanakannya.

Allah SWT telah perintahkan Nabi Kita Muhammad SAW untuk selalu beristighfar dan banyak melakukan zikir pagi dan petang. Perintah tersebut termaktub dalam Surat Ghafir ayat 55, yang berbunyi:

فَاصۡبِرۡ اِنَّ وَعۡدَ اللّٰهِ حَقٌّ وَّاسۡتَغۡفِرۡ لِذَنۡۢبِكَ وَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ بِالۡعَشِىِّ وَالۡاِبۡكَارِ


Fasbir inna wa'dal laahi haqqunw wastaghfir lizambika wa sabbih bihamdi Rabbika bil'ashiyyi wal ibkaar

Artinya: Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampun untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.





Selain memerintahkan umatnya untuk berzikir, Allah SWT juga memberikan keutamaan dan manfaat bagi umatnya jika melakukan amalan yang satu ini. Adapun manfaat dari melakukan zikir pagi dan petang adalah sebagai berikut:

Manfaat Zikir Pagi dan Petang

1. Mendapat Ampunan Dosa

Zikir tentunya beragam dan salah satu diantaranya berupa kalimat permohonan ampun seperti “Astagfirullah” yang merupakan zikir harian Nabi Muhammad SAW. Dengan membaca zikir ini umat Islam dijanjikan akan dihapus dosanya sekaligus mendapatkan pahala.

2. Mendapat Anugrah Rasa Sabar

“Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya)” (QS. Qaf: 39).

Jika mengingat Allah dengan cara berzikir, tentu hati dan jika akan merasa lebih tenang dan sabar. Sebab akan selalu diingatkan tentang segala ketentuan yang datangnya dari Allah SWT.

3. Amalan Paling Baik di Mata Allah

“Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, Para Sahabat yang hadir berkata: “Mau (wahai Rasulullah)!” Beliau bersabda: “Dzikir kepada Allah Yang Mahatinggi.” (HR. At-Tirmidzi no. 3377).

Salah satu amalan yang paling disukai dan paling baik di mata Allah adalah berzikir. Oleh karenanya hal ini tidak boleh dilupakan, mengingat zikir dapat dilakukan dengan mudah.

4. Selalu Mengingat dan Diingat Allah

“Perumpamaan orang yang ingat akan Rabb-nya dengan orang yang tidak ingat Rabb-nya laksana orang yang hidup dengan orang yang mati.” (HR. Al-Bukhari dalam Fat-bul Baari XI/208 no. 6407).

Dengan berzikir kepada Allah dan berusaha mengingatnya, Allah pun akan senantiasa mengingat hambanya. Oleh karenanya, segala yang dilakukan umatnya akan mendapat keberkahan dan memiliki hati yang selalu dipenuhi akan asma Allah SWT.

5. Amalan yang Disukai Rasulullah

“Dan aku duduk bersama orang-orang yang berzikrullah mulai dari (waktu) sholat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak” (HR. Abu Dawud: 3667).

Barangsiapa yang mengerjakan amalan dan apa yang dianjurkan Rasulullah, ialah muslim sejati. Sehingga benar benar menunjukkan identitasnya sebagai seorang muslim

6. Memberikan Rasa Tenang

“…Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

Segala bentuk makhluk yang ada di alam semesta ini adalah ciptaan Allah, jika dalam jiwa makhluknya selalu diisi dengan kebaikan dengan berzikir, maka akan selalu diberikan ketenangan didalam hatinya.

7. Mendapatkan Pahala Seperti Melakukan Ibadah Haji dan Umrah

“Barangsiapa yang mengerjakan salat shubuh dengan berjama’ah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna.” (HR. Thobroni).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اجۡتَنِبُوۡا كَثِيۡرًا مِّنَ الظَّنِّ اِنَّ بَعۡضَ الظَّنِّ اِثۡمٌ‌ۖ وَّلَا تَجَسَّسُوۡا وَلَا يَغۡتَبْ بَّعۡضُكُمۡ بَعۡضًا‌ ؕ اَ يُحِبُّ اَحَدُكُمۡ اَنۡ يَّاۡكُلَ لَحۡمَ اَخِيۡهِ مَيۡتًا فَكَرِهۡتُمُوۡهُ‌ ؕ وَاتَّقُوا اللّٰهَ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيۡمٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.

(QS. Al-Hujurat Ayat 12)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More