Jejak Islam di 3 Kota Eropa: Bukti Pengaruh Kekaisaran Ottoman dan Kerajaan Al Andalus

Kamis, 11 Mei 2023 - 16:13 WIB


Di puncak bukit di atas pemandian Kiraly, wisatawan datang untuk melihat makam megah salah satu pembantu paling berpengaruh Suleiman Agung, Gul Baba. Situs ziarah populer bagi Muslim Turki, mausoleum batu ini dikelilingi oleh taman mawar yang indah, menjadikannya daya tarik yang layak bagi setiap pelancong.

Kordoba, Spanyol



Bangunan favorit saya lainnya ada di kota Cordoba, yakni kota di Spanyol selatan yang terabaikan. Disebut La Mezquita, itu tidak hanya spektakuler secara visual, tetapi juga unik karena secara bersamaan merupakan masjid dan katedral. Struktur Moor monumental yang berusia lebih dari 1.200 tahun, tampak seperti benteng dari luar, karena dinding batu tebal dan tinggi yang mengelilinginya.

Penampilan yang mengesankan itu memberi jalan, di dalam, pada fitur desain yang halus. Ada beberapa interior di dunia yang lebih fotogenik daripada ruang doa utama Mezquita. Lusinan lengkungan yang dihiasi garis-garis menciptakan simetri dan kontras yang memukau. Langit-langitnya yang menjulang tinggi mempertinggi drama.

Sama seperti Sofia dan Budapest, Cordoba dibentuk oleh Kekaisaran Romawi, warisan yang dicontohkan oleh jembatan Romawi berusia 2.000 tahun yang membentang di sungai Guadalquivir, yang melintasi kota.



Motif Islam umum di seluruh Kota Tua ini terdaftar di UNESCO. Itu karena pengaruh abadi Al Andalus, sebuah kerajaan Muslim yang dari awal abad kedelapan hingga awal abad ke-11 menguasai sebagian besar Semenanjung Iberia, termasuk bagian yang sekarang menjadi Spanyol, Portugal, dan Prancis.

Cordoba tetap berada di bawah pengaruh Islam yang kuat hingga akhir abad ke-15. Sekarang wilayah selatan Spanyol ini, yang mencakup sesama favorit turis Seville dan Granada, disebut Andalusia, mengacu pada periode penting dalam sejarahnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
cover top ayah
وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

(QS. An-Nur Ayat 31)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More