Inilah 6 Perbedaan Nabi dan Rasul, Ketahui dan Pahami

Kamis, 11 Mei 2023 - 19:52 WIB
“Mereka pun mendatangi Nuh, dan berkata, ‘Wahai Nuh, sesungguhnya Engkau adalah rasul pertama bagi manusia.’” (HR. Bukhari no. 4712)

Dalam hal ini Nabi Nuh AS diutus kepada umat yang menentang dakwah beliau. Sementara Nabi sebelumnya yakni Adam AS dan Idris AS bukanlah seorang Rasul.

5. Sifat

Perbedaan berikutnya terletak pada sifat, yang mana Rasul adalah berasal dari golongan manusia yang memang mulia atau keturunan umat mulia. Rasul sudah dipilih dan diberi Allah SWT mukjizat agar bisa menjadi contoh umat di dunia dan akhirat.

Sementara Nabi adalah sosok dari golongan manusia biasa yang menjalankan hidup seperti orang pada umumnya. Namun, seorang Nabi memiliki keistimewaan dari Allah SWT serta sifat yang mulia.

6. Kitab Suci

Pendapat ini dinyatakan oleh Ali bin Sulthan Al-Mula Al-Harawi Al-Qari dalam kitabnya, Mirqatul Mafatih Syarh Misykaat Al-Mashabih (9: 3669), Rasul adalah yang diturunkan kitab kepadanya, juga syariat yang berdiri sendiri, disertai dengan mukjizat yang menunjukkan kerasulannya.

Adapun Nabi, tidak diturunkan kitab kepadanya dan hanyalah diminta untuk berdakwah kepada manusia untuk mengikuti syariat rasul sebelumnya.



Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(wid)
Halaman :
cover top ayah
وَلَقَدۡ يَسَّرۡنَا الۡقُرۡاٰنَ لِلذِّكۡرِ فَهَلۡ مِنۡ مُّدَّكِرٍ
Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur'an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?

(QS. Al-Qamar Ayat 22)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More