Begini Selawat Syafiiyah dalam Kitab Arrisalah

Selasa, 01 Agustus 2023 - 12:55 WIB
Keutamaan yang diharapkan dengan membaca selawat ini adalah mendapatkan ampunan Allah. Ilustrasi: Masyudi
Selawat ini ditulis oleh Imam Syafii dalam kitab Arrisalah dan disebut dengan Selawat Syafiiyah. Selawat ini amat populer di kalangan umat Islam Nusantara karena biasa dibaca ketika membaca tahlil.

Keutamaan yang diharapkan dengan membaca selawat ini adalah mendapatkan ampunan Allah dan masuk surga kelak tanpa hisab. Berikut salawat dimaksud:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كُلَّمَا ذَكَرَك الذَّاكِرُونَ، وَصَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كُلَّمَا غَفَلَ عَنْ ذِكْرِهِ الْغَافِلُونَ


Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammadin kullama zakarakaz zakirun wa sholli ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala ali sayyidina Muhammadin kullama ghafala ‘an zikrihil ghafilun

Artinya: “Ya Allah, limpahkan rahmat kepada pemimpin kita Nabi Muhammad SAW setiap kali ada orang-orang yang menyebutMu. Dan limpahkan rahmat kepada pemimpin kita Nabi Muhammad SAW dan keluarganya setiap kali orang-orang lupa menyebutnya.”



(mhy)
Follow
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah dan Abu Sa'id bahwa keduanya pernah menyaksikan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Tidaklah ada suatu kaum duduk sambil berdzikir kepada Allah, kecuali para Malaikat akan mengelilingi mereka, dan akan diselubungi rahmat, akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), dan Allah akan menyebut-nyebut orang-orang yang ada disisi-Nya.

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 3781)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More