Tata Cara Sholat Hajat, Niat, Bacaan Doa dan Waktu Terbaik

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 15:37 WIB
Siapa yang memiliki hajat (keinginan) kepada Allah, hendaklah ia melaksanakan sholat sunnah hajat 2 rakaat. Foto/SINDOnews
Sholat Hajat sering dikerjakan umat muslim ketika memiliki keinginan atau hajat dengan harapan dikabulkan Allah. Karena memang salah satu keutamaan sholat sunnah ini adalah mengabulkan hajat setiap muslim.

Dalam Kitab al-Adzkar karya Imam an-Nawawi (wafat 676 H) dikutip hadits yang diriwayatkan Imam at-Tirmidzi (279 H) dijelaskan:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “مَنْ كَانَتْ لَهُ إِلَى اللَّهِ حَاجَةٌ أَوْ إِلَى أَحَدٍ مِنْ بَنِيي آدَمَ، فَلْيَتَوَضَّأْ وَلْيُحْسِنِ الْوُضُوءَ، ثُمَّ لْيُصَلِّ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ لِيُثْنِ عَلَى اللَّهِ، وَلْيُصَلِّ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،…

Dari Abdullah bin Abu Aufa dia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda: "Seseorang yang memiliki hajat (keinginan) kepada Allah atau kepada manusia, hendaklah dia berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya, lalu melaksanakan shalat dua rakaat, memuji kepada Allah, membaca shalawat kepada Nabi ﷺ." (HR at-Tirmidzi)

Tata Cara Sholat Hajat



Untuk tata cara sholat Hajat sendiri tidak berbeda jauh dengan sholat sunnah lain. Berikut penjelasan tentang tata cara, niat, doa dan waktu terbaik untuk melaksanakannya.

1. Niat dan Tata Cara Sholat Hajat

Niat ini dibacakan sebelum menunaikan sholat hajat. Bacaan niat untuk dua rakaatnya adalah sebagai berikut.

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى


Ushollii sunnatal haajati rok'aataini lillahi ta'aala.

Artinya: "Saya niat sholat Hajat dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Untuk jumlah rakaat sholat hajat sendiri ini dapat dilakukan lebih dari dua, dengan jumlah maksimal adalah 12 rakaat menurut buku "Shalat Tahajud dan Shalat Hajat" oleh Mahmud asy-Syafrowi.

Setelah membaca niat, lanjutkanlah dengan gerakan dan bacaan sholat pada umumnya.

- Takbiratul ihraam

- Membaca Doa Iftitah

- Membaca Surat Al- Fatihah

- Membaca Surat Al-Qur'an

- Ruku

- Itidal
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Dua kalimat yang ringan diucapkan tetapi berat timbangannya, dan disenangi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala Yang Maha Pengasih yaitu, Subhanallah wa Bihamdihi Subhaanallaahil Azhim (Maha Suci Allah dengan segala pujian-Nya dan Maha Suci Allah Yang Maha Agung).

(HR. Muslim No. 4860)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More