4 Golongan yang Doanya Tidak Ditolak Allah, Siapakah Mereka?

Senin, 02 Oktober 2023 - 21:05 WIB
Keberhasilan doa bagi mereka yang berpuasa berasal dari intensnya ikatan spiritual dengan Allah, menahan diri dari hal-hal yang diperbolehkan, serta menghindari godaan nafsu.

3. Doa Pemimpin yang Adil

Selanjutnya adalah doa pemimpin yang adil tidak akan ditolak Allah. Menurut Ibn Mandhur, adil berarti membuat keputusan tanpa dipengaruhi hawa nafsu, menjauhi kesalahan. Sehingga pemimpin yang adil adalah pemimpin yang amanah, yang bekerja dengan hati demi kemaslahatan orang banyak. Sehingga segala sesuatu hajat yang dipanjatkan dalam doa akan dikabulkan oleh Allah.

4. Doa Orang yang Terzalimi

Doa dari orang yang menderita atau terpinggirkan adalah salah satu doa yang cepat direspons oleh Allah SWT. Penting untuk mempertimbangkan bahwa antara mereka dengan Allah tidak memiliki penghalang. Dalam Al-Qur'an, Allah berfirman:

لَا يُحِبُّ اللّٰهُ الۡجَــهۡرَ بِالسُّوۡٓءِ مِنَ الۡقَوۡلِ اِلَّا مَنۡ ظُلِمَ‌ؕ وَكَانَ اللّٰهُ سَمِيۡعًا عَلِيۡمًا‏

"Allah tidak menyukai perkataan buruk, (yang diucapkan) secara terus terang kecuali oleh orang yang dizalimi. Dan Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui." (QS. An-Nisa: 148)

Sehingga penting bagi kita untuk menjaga tutur kata yang baik supaya tidak menyakiti hati orang lain. Pasalnya doa dari orang yang tersakiti akan mudah diijabah oleh Allah.

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Farwah bin Naufal Al Asyja'i dia berkata: Saya pernah bertanya kepada Aisyah tentang doa yang pernah diucapkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam saat memohon kepada Allah Azza wa Jalla, maka Aisyah menjawab, sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah berdoa: ALLAHUMMA INNI A'UUDZU BIKA MIN SYARRI MAA 'AMILTU WA MIN SYARRI MAA LAM A'MAL (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatan yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan).

(HR. Muslim No. 4891)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More