15 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Insya Allah Semua Hajat Dikabulkan

loading...
15 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Insya Allah Semua Hajat Dikabulkan
Ketika berdoa hendaknya meyakini sepenuhnya permohonan kita dikabulkan oleh Allah. Selain itu memperhatikan kapan waktu mustajab berdoa berikut adab-adabnya. Foto/dok SINDOnews
Berdoa adalah intisari ibadah dan wujud penghambaan seseorang kepada Robb-nya. Allah berfirman dalam Al-Qur'an yang artinya: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu." (Surat Ghafir Ayat 60)

Ketika bermunajat tentu kita harus mengetahui kapan waktu-waktu mustajab untuk berdoa. Dalam berbagai riwayat, Rasulullah SAW memberitahukan waktu-waktu mustajab tersebut.

Berikut waktu mustajab berdoa yang patut diketahui umat muslim. Siapa yang berdoa pada waktu tersebut, insya Allah permohonannya dikabulkan oleh Allah.

1. Sepertiga Malam Atau Waktu Sahur
Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Rabb kita tabaroka wa ta'ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: "Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya . Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Perlu dicatat, makna Allah turun ke langit dunia jangan diartikan secara lahiriyah karena Allah Maha Suci dari sifat fisikal (jismiyah). Para ulama mengatakan, yang turun ke langit dunia itu adalah rahmat dan kasih sayang-Nya.

2. Ketika Adzan Berkumandang
Dari Sahl bin Sa'ad bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Ada dua doa yang tidak tertolak atau jarang tertolak yaitu; doa saat adzan dan doa ketika perang berkecamuk." (HR Abu Dawud, Al-Baihaqi, Hakim. Disahihkan Imam Nawawi dalam Al-Adzkaar hal 341)

3. Antara Adzan dan Iqomah
Dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya doa yang dipanjatkan antara adzan dan iqamah tidak akan ditolak, maka berdoalah (di waktu itu)." (HR. Ahmad, Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

4. Ketika Bersujud dalam Sholat
Waktu mustajab yang lain untuk berdoa yaitu ketika sujud. Dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah SAW bersabda: "Adapun ketika rukuk, maka agungkanlah Allah. Sedangkan ketika sujud, maka bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, maka doa tersebut pasti dikabulkan untuk kalian." (HR. Muslim)

Redaksi lain: "Saat yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabb-nya adalah ketika dia sedang sujud (kepada Rabb-nya), maka perbanyaklah doa (dalam sujud kalian)." (HR Muslim, Abu Daud, dan An-Nasa-i)

5. Saat Hujan Turun
Dari Sahl bin Sa'd, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Dua doa yang tidak akan ditolak: (1) doa ketika adzan dan (2) doa ketika ketika turunnya hujan." (HR Hakim dan Al-Baihaqi)

6. Hari Jumat Antara Ashar dan Maghrib
Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya pada hari Jumat ada satu waktu yang tidak bertepatan seorang hamba muslim salat dan memohon sesuatu kebaikan kepada Allah melainkan akan diberikan padanya, beliau berisyarat dengan tangannya akan sedikitnya waktu tersebut". (HR Al-Bukhari). Para ulama mengatakan, waktu tersebut adalah setelah Ashar sebelum Maghrib dan ketika Khatib sedang duduk dalam khutbahnya.

Riwayat lain: "Dalam 12 jam hari Jumat ada satu waktu, jika seorang muslim meminta sesuatu kepada Allah Ta'ala pasti akan dikabulkan. Carilah waktu itu setelah Ashar." (HR Abu Daud)

7. Hari Arafah (9 Dzulhijjah)
Dari Sayyidah 'Aisyah, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para Malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?" (HR. Muslim)

Riwayat lain: "Doa yang terbaik adalah doa ketika hari Arafah." (HR. At-Tirmidzi)

8. Saat Malam (Lailatul) Qadar
Malam (Lailatul) Qadar merupakan waktu mustajab berdoa. Sayyidah 'Aisyah pernah bertanya: "Ya Rasulullah jika aku mengetahui bahwa malam itu adalah Lailatul Qadar, apa yang harus aku ucapkan waktu itu?' Rasulullah bersabda: "Ucapkanlah: "Allaahumma innaka 'afuwwun kariim tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau Mencintai Pemaafan, maka maafkanlah aku)." (HR Tirmidzi)

9. Akhir Sholat Fardhu
Ada seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW: "Doa apa yang paling didengar oleh Allah?" Maka Beliau menjawab: "Doa setengah malam terakhir dan doa akhir shalat fardhu." (HR. At-Tirmidzi). Para ulama menjelaskan makna "dubur ash-shalat" ada dua yaitu sebelum salam, dan setelah salam.

10. Ketika Berbuka Puasa
Rasulullah SAW menegaskan keutamaan berdoa saat berbuka puasa. "Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzalimi." (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban)

11. Saat Minum Air Zamzam
Dalam satu riwayat, Rasulullah SAW bersabda: "Khasiat Air Zamzam itu sesuai niat peminumnya." (HR Ibnu Majah)

12. Ketika Melakukan Safar (Musafir)
Rasulullah SAW bersabda: "Tiga waktu diijabah (dikabulkan) doa yang tidak diragukan lagi yaitu: (1) doa orang yang terzalimi, (2) doa seorang musafir, (3) doa orang tua pada anaknya." (HR Ahmad, At Tirmidzi, Ibnu Majah)

13. Saat Mendoakan Saudara Tanpa Sepengetahuannya
Doa mustajab yang tidak akan ditolak juga dapat kita amalkan sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut:
"Tidaklah seorang muslim mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan dia, melainkan malaikat akan berkata, 'Dan untukmu juga'." (HR Muslim)
halaman ke-1
preload video