Shalahuddin Al Ayyubi Merebut Kota al-Quds dan Membebaskan Baitul Maqdis di Hari Jumat

Kamis, 12 Oktober 2023 - 14:29 WIB
Ketiga agama tersebut secara bergantian pernah menguasai situs suci tersebut. Pemerintah Islam pernah menaklukkan Baitul Maqdis yang pertama kali dipimpin oleh Khalifah Umar ibn Khattab dan terus berlanjut di bawah kepemimpinan muslim selama berabad-abad di masa Khulafaur Rasyidin, Bani Umayyah, hingga era Dinasti Abbasiyah.

Kemudian Baitul Maqdis ditaklukkan kembali pada masa Dinasti Al Ayyubiyah di bawah kepemimpinan Salahuddin Al Ayyubi. Baitul Maqdis memiliki arti yang sangat penting bagi umat Islam karena di sana pertama kali dibangun masjid yang kemudian menjadi kiblat pertama bagi umat Muslim di seluruh dunia, yaitu Masjid Al Aqsa.

Begitu berhasil mengusir kaum Salibis, ia segera memerintahkan pemugaran kota suci itu. Baitul Maqdis dan Kubah Batu dibersihkannya dari simbol- simbol yang menyalahi tauhid.

Kompleks rumah ibadah itu diperluasnya, serta memperindahnya dengan berbagai ornamen kaligrafi. Ia juga membuat mimbar yang lantas dikenal sebagai Mimbar Saladin di sana. Artefak yang tak ternilai itu sempat bertahan selama ratusan tahun sebelum dijarah seorang Zionis pada 1972.

(mhy)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Qais bin Sa'ad bin 'Ubadah, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Maukah aku tunjukkan kepadamu sesuatu yang dapat mengantarkanmu menuju pintu-pintu surga?  Jawabku; Tentu.  Beliau bersabda: LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLA BILLAH (Tidak ada daya dan upaya kecuali milik Allah).

(HR. Tirmidzi No. 3505)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More