Persoalan Israiliyyat Sudah Muncul sejak Zaman Nabi Muhammad SAW

Selasa, 24 Oktober 2023 - 10:25 WIB


Umar Syam mengingatkan jika kita membaca Taurat (Perjanjian Lama) dan Injil (Perjanjian Baru), kita akan menemukan bahwa mereka memiliki banyak cerita yang mirip dengan Al-Qur'an, terutama cerita tentang nabi, meskipun ada beberapa perubahan besar dan kecil.

Al-Qur'an berbeda dengan Taurat dan Alkitab dalam cara menceritakan kisah para nabi. Al-Qur'an hanya menceritakan bagian-bagian dari kisah yang memberi pelajaran dan memberi nasihat. Itu tidak menjelaskan secara detail tentang masalahnya.

Al-Qur'an tidak mengatakan kapan atau di mana peristiwa tertentu terjadi, dan biasanya tidak menyebutkan nama orang yang terlibat. "Itu juga tidak memberikan banyak detail tentang bagaimana ceritanya dari awal sampai akhir; alih-alih, ia hanya memilih beberapa bagian yang penting untuk tema cerita," tulis Ahmad Dimyati Badruzzaman dalam "Kisah-Kisah Isrâîliyyât Dalam Tafsir Muni".

Di sisi lain, Al-Qur'an juga menyebutkan nama-nama tokoh dalam beberapa kesempatan, namun dalam konteks deskripsi atau penggunaan kata-kata, terdapat kemiripan dan kesamaan antara satu kisah dengan kisah lainnya.

"Jika kita membaca kisah yang sama baik dalam Taurat dan Al-Qur'an, atau dalam Al-Qur'an dan Alkitab, dan kemudian membandingkan keduanya, kita dapat melihat bahwa kisah tersebut diceritakan dengan cara yang berbeda," ujar Ahmad Dimyati Badruzzaman.

(mhy)
Halaman :
Follow
cover top ayah
اَللّٰهُ يَتَوَفَّى الۡاَنۡفُسَ حِيۡنَ مَوۡتِهَا وَالَّتِىۡ لَمۡ تَمُتۡ فِىۡ مَنَامِهَا‌ ۚ فَيُمۡسِكُ الَّتِىۡ قَضٰى عَلَيۡهَا الۡمَوۡتَ وَ يُرۡسِلُ الۡاُخۡرٰٓى اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى‌ ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰیٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ
Allah memegang nyawa seseorang pada saat kematiannya dan nyawa seseorang yang belum mati ketika dia tidur, maka Dia tahan nyawa orang yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia lepaskan nyawa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir.

(QS. Az-Zumar Ayat 42)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More