Cara Membaca Tajwid Surat At-Talaq Ayat 3 dan Penjelasannya

Minggu, 10 Desember 2023 - 06:30 WIB
Hukumnya Mad Tabi'i, karena terdapat huruf 'ba berharakat fathah' bertemu dengan 'alif'. Dibaca panjang 2 harakat. Terdapat juga Idzhar Syafawi, karena ada 'mim sukun' bertemu dengan huruf 'ra'. Dibaca dengan jelas tanpa mendengung.

8. قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ (Qad Ja'alalloh)

Terdapat hukum tajwid Qalqalah Sugra, karena ada huruf qalqalah dal berharakat sukun berada di tengah kalimat. Cara membacanya adalah dengan dipantulkan secara ringan. Terdapat juga hukum Lam Tafkhim, karena ada huruf 'lam jalalah' didahului harakat fathah. Dibaca dengan tebal.

9. شَيْءٍ قَدْرًا (Syai-inqadraa)

Ikhfa Hakiki, karena ada harakat tanwin bertemu dengan huruf 'qaf'. Dibaca dengan samar-samar. Qalqalah Sugra, karena ada huruf qalqalah dal berharakat sukun berada di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan. Kemudian Mad Iwad, karena ada huruf mad didahului tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya panjang 2 huruf dan tanwin dihilangkan.

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
مَاۤ اَصَابَ مِنۡ مُّصِيۡبَةٍ فِى الۡاَرۡضِ وَلَا فِىۡۤ اَنۡفُسِكُمۡ اِلَّا فِىۡ كِتٰبٍ مِّنۡ قَبۡلِ اَنۡ نَّبۡـرَاَهَا ؕ اِنَّ ذٰ لِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيۡرٌۚ (٢٢) لِّـكَيۡلَا تَاۡسَوۡا عَلٰى مَا فَاتَكُمۡ وَلَا تَفۡرَحُوۡا بِمَاۤ اٰتٰٮكُمۡ‌ؕ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخۡتَالٍ فَخُوۡرِۙ‏ (٢٣) اۨلَّذِيۡنَ يَبۡخَلُوۡنَ وَيَاۡمُرُوۡنَ النَّاسَ بِالۡبُخۡلِ‌ؕ وَمَنۡ يَّتَوَلَّ فَاِنَّ اللّٰهَ هُوَ الۡغَنِىُّ الۡحَمِيۡدُ (٢٤)
Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah. Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu, dan jangan pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri, yaitu orang-orang yang kikir dan menyuruh orang lain berbuat kikir. Barangsiapa berpaling (dari perintah-perintah Allah), maka sesungguhnya Allah, Dia Mahakaya, Maha Terpuji.

(QS. Al-Hadid Ayat 22-24)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More