Cara Membaca Tajwid Surat At-Talaq Ayat 3 dan Penjelasannya

Minggu, 10 Desember 2023 - 06:30 WIB
Hukum Tajwid Surat At-Talaq Ayat 3 penting dipelajari setiap muslim agar semakin baik ketika tilawah Al-Quran. Foto/surahquran
Hukum Tajwid Surat At-Talaq Ayat 3 akan kita bahas dalam artikel kali ini supaya umat muslim semakin mantap ketika tilawah Al-Qur'an. Sebagaimana diketahui, membaca Al-Qur'an dengan ilmu tajwid hukumnya fardhu 'ain.

Surat At-Talaq terdiri 12 ayat, termasuk golongan surat-surat Madaniyyah, diturunkan sesudah Surat Al-Insaan. Dinamai Ath-Thalaq karena kebanyakan ayat-ayatnya menerangkan masalah talak dan yang berhubungan dengan masalah itu.

Hukum Tajwid Surat At-Talaq Ayat 3

Berikut bacaam Surat At-Talaq Ayat 3 dan terjemahannya. Allah berfirman:

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا


Wa yarzuqhu min haitsu laa yahtasib; wa mayyatawakkal 'alallaahi fahuwa hasbuh; innallaaha baalighu amrih; qad ja'alallaahu likulli syai'in qadraa.

Artinya: "Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS Ath-Thalaq Ayat 3)

1. وَّيَرْزُقْهُ (wa yarzuqhu)

Terdapat hukum tajwid Qalqalah Sugra, karena ada huruf qalqalah Qaf berharakat sukun berada di tengah kalimat. Cara membacanya adalah dengan dipantulkan secara ringan.

2. مِنْ حَيْثُ (min haitsu)

Hukum Tajwid Idzhar, karena ada 'nun sukun' bertemu dengan huruf 'ha'. Dibaca dengan jelas tanpa mendengung. Terdapat pula hukum bacaan Mad Layyin, karena ada 'ha berharakat fathah' bertemu dengan 'ya sukun'. Dibaca panjang 2 harakat.

3. لَا يَحْتَسِبُۗ (Laa yahtasibu)

Hukum Tajwid Mad Tabi'i, karena ada 'lam berharakat fathah' bertemu 'alif'. Dibaca panjang 2 harakat. Terdapat juga hukum bacaan Qalqalah Kubra, karena ada huruf 'ba' di waqaf dan berada di akhir kalimat. Dibaca memantul dengan berat.

4. وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ (wa Mayyatawakkal)

Idgham Bighunnah, karena terdapat 'nun sukun' bertemu dengan huruf 'ya'. Dibaca dengung dan ditahan.

5. عَلَى اللّٰهِ ('alallaah)

Lam Tafkhim, karena ada huruf 'lam jalalah' didahului harakat fathah. Dibaca dengan tebal.

6. اِنَّ اللّٰهَ (innalloha)

Hukumnya Gunnah, karena ada 'nun bertasydid'. Dibaca dengan cara dengung dan ditahan. Ada pula Lam Tafkhim, karena ada huruf 'lam jalalah' didahului harakat fathah. Dibaca dengan tebal.

7. بَالِغُ اَمْرِهٖۗ (Baalighu Amrih)

Hukumnya Mad Tabi'i, karena terdapat huruf 'ba berharakat fathah' bertemu dengan 'alif'. Dibaca panjang 2 harakat. Terdapat juga Idzhar Syafawi, karena ada 'mim sukun' bertemu dengan huruf 'ra'. Dibaca dengan jelas tanpa mendengung.

8. قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ (Qad Ja'alalloh)

Terdapat hukum tajwid Qalqalah Sugra, karena ada huruf qalqalah dal berharakat sukun berada di tengah kalimat. Cara membacanya adalah dengan dipantulkan secara ringan. Terdapat juga hukum Lam Tafkhim, karena ada huruf 'lam jalalah' didahului harakat fathah. Dibaca dengan tebal.

9. شَيْءٍ قَدْرًا (Syai-inqadraa)

Ikhfa Hakiki, karena ada harakat tanwin bertemu dengan huruf 'qaf'. Dibaca dengan samar-samar. Qalqalah Sugra, karena ada huruf qalqalah dal berharakat sukun berada di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan. Kemudian Mad Iwad, karena ada huruf mad didahului tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya panjang 2 huruf dan tanwin dihilangkan.

Wallahu A'lam

(rhs)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
فَلۡيَـضۡحَكُوۡا قَلِيۡلاً وَّلۡيَبۡكُوۡا كَثِيۡرًا‌ ۚ جَزَآءًۢ بِمَا كَانُوۡا يَكۡسِبُوۡنَ
Maka biarkanlah mereka tertawa sedikit dan menangis yang banyak, sebagai balasan terhadap apa yang selalu mereka perbuat.

(QS. At-Taubah Ayat 82)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More