Waktu Terbaik Membaca Surat Yasin, Apakah Benar Malam Jum'at?

Senin, 10 Juni 2024 - 10:26 WIB
Surat Yasin merupakan salah satu surah yang cukup dikenal dalam Al Quran, terutama bagi masyarakat Indonesia yang memiliki kebiasaan membacanya di setiap malam Jumat. Foto ilustrasi/ist
Surat Yasin merupakan salah satu surah yang cukup dikenal dalam Al Quran, terutama bagi masyarakat Indonesia yang memiliki kebiasaan membacanya di setiap malam Jum'at.

Namun benarkah Surat Yasin memang dianjurkan dibaca hanya untuk malam Jum'at saja? atau ada waktu lain yang dianjurkan untuk membaca surat ini.

Waktu Terbaik Membaca Surat Yasin

Waktu terbaik membaca Surat Yasin jika mengacu pada hadits adalah malam hari, namun tidak disebutkan secara spesifik terkait hari. Seperti yang dijelaskan dalam dua riwayat hadits berikut.

قعَنِ الْحَسَنِ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ. وَمَنْ قَرَأَ: "حم" الَّتِي فِيهَا الدُّخَانُ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ


Artinya: Dari Al-Hasan yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Abu Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Yasin di malam hari, pada keesokan harinya ia diampuni. Dan barang siapa yang membaca Ha Mim yang di dalamnya disebutkan Dukhan (surat Ad-Dukhan), pada pagi harinya diampuni".

، عَنْ جُنْدَب بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللَّهِ، غُفِرَ لَهُ".


Ibnu Hibban di dalam kitab sahihnya mengatakan dari Jundub ibnu Abdullah r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Yasin di malam hari karena mengharapkan ridha Allah Swt., maka diberikan ampunan baginya (dari dosa-dosanya).

Dari dua hadis di atas dapat disimpulkan jika waktu terbaik untuk membaca Surat Yasin adalah malam hari. Sedangkan membaca Yasin pada saat malam Jumat sendiri terdapat dalam hadits berikut.

وذكر الثعلبي عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : "من قرأ سورة يس ليلة الجمعة أصبح مغفورا له


Imam Tsa’labi menuturkan dari Abu Hurairah Ra. “Barangsiapa membaca Yasin di malam jumat, maka paginya diampuni dosanya”.

Namun riwayat hadits tersebut terbilang lemah, karena pada malam Jumat surat yang ditekankan untuk dibaca adalah Al Kahfi, bukan Yasin.

Rasulullah SAW bersabda seseorang yang membaca surat Al Kahfi di hari Jumat akan diberkahi cahaya antara dirinya dan Ka'bah. Rasulullah bersabda yang dikutip dari Ad Darimi,

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ


Artinya: "Barangsiapa yang membaca surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka'bah." (Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shahihul Jami' no. 6471)

Sehingga pada malam atau hari Jum'at sebaiknya umat muslim membaca Surat Al Kahfi sesuai dengan hadits yang shohih.



Wallahu A'lam
(wid)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
وَالَّذِيۡنَ كَذَّبُوۡا بِاٰيٰتِنَا سَنَسۡتَدۡرِجُهُمۡ مِّنۡ حَيۡثُ لَا يَعۡلَمُوۡنَ
Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, akan Kami biarkan mereka berangsur-angsur ke arah kebinasaan, dengan cara yang tidak mereka ketahui.

(QS. Al-A'raf Ayat 182)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More