Baca Yasin Dulu Atau Tahlil Dulu? Simak Susunan Lengkapnya

Minggu, 23 Juni 2024 - 07:15 WIB
Baca Yasin atau tahlil dulu ketika sedang melakukan rangkaian zikir tahlil ini masih jadi hal yang belum banyak dimengerti umat muslim. Foto ilustrasi/ist
Baca Yasin atau Tahlil dulu ketika sedang melakukan rangkaian zikir tahlil ini masih jadi hal yang belum banyak dimengerti umat muslim.

Pada dasarnya dalam rangkaian zikir tahlil memang tidak disertakan Surat Yasin . Namun dalam beberapa waktu ada kalanya Surat Yasin juga dimasukkan dalam rangkaian zikir tahlil.

Lantas apakah umat muslim harus menyelesaikan bacaan Surat Yasin terlebih dahulu atau zikir tahlil terlebih dahulu? Dalam hal ini, Surat Yasin harus dibaca terlebih dahulu, namun pembacaan surat Yasin ini harus didahului dengan pengantar dan Surat Al Fatihah.

Susunan Bacaan Yasin Tahlil

1. Membaca Pengantar Al Fatihah

2. Membaca Surat Al Fatihah

3. Membaca Surat Yasin

4. Membaca Surat Al Ikhlas 3 kali

5. Tahlil dan Takbir

6. Membaca Surat Al Falaq

7. Tahlil dan Takbir

8. Membaca Surat An-Nas

9. Tahlil dan Takbir

10. Membaca Surat Al Baqarah ayat 1-5

11. Membaca Surat Al Baqarah ayat 163

12. Membaca Ayat Kursi (Surat Al Baqarah ayat 255)

13. Istighfar 3 kali

14. Tahlil 33 kali

15. Membaca Dua Kalimat Syahadat

17. Membaca Sholawat Nabi

18. Membaca Surat Al Ahzab ayat 56

19. Doa Tahlil atau Doa Arwah

20. Doa Pendek

Dari susunan tersebut dapat disimpulkan jika dalam rangkaian zikir tahlil, harus membaca Surat Yasin terlebih dahulu. Namun sebelum itu harus didahului dengan pengantar dan Surat Al Fatihah.

Berikut ini doa pengantar Al Fatihah yang harus dibaca :

اِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ وَاَلِهِ وإِخْوَانِهِ مِنَ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِيْنَ وَالأَوْلِيَاءِ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَالعُلَمَاءِ العَامِلِيْنَ وَالمُصَنِّفِيْنَ المُخْلِصِيْنَ وَجَمِيْعِ المَلَائِكَةِ المُقَرَّبِيْنَ، ثُمَّ اِلَى جَمِيْعِ أَهْلِ القُبُوْرِ مِنَ المُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ وَالمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الأَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا خُصُوْصًا إِلَى آبَائِنَا وَأُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَمَشَايِخِنَا وَمَشَايِخِ مَشَايِخِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَأَسَاتِذَةِ أَسَاتِذَتِنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِمَنْ اجْتَمَعْنَا هَهُنَا بِسَبَبِهِ شَيْءٌ لِلهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ


Artinya, “Untuk yang terhormat Nabi Muhammad SAW, segenap keluarga, dan saudaranya dari kalangan pada nabi, rasul, wali, syuhada, orang-orang saleh, sahabat, tabi'in, ulama al-amilin, ulama penulis yang ikhlas, semua malaikat Muqarrabin, kemudian semua ahli kubur Muslimin, Muslimat, Mukminin, Mukminat dari Timur ke Barat, baik di laut dan di darat, khususnya bapak kami, ibu kami, kakek kami, nenek kami, guru kami, pengajar dari guru kami, ustadz kami, pengajar ustadz kami, mereka yang telah berbuat baik kepada kami, dan bagi ahli kubur/arwah yang menjadi sebab kami berkumpul di sini. Bacaan Al-Fatihah ini kami tujukan kepada Allah dan pahalanya untuk mereka semua. Al-Fatihah…”

Barulah setelah pengantar ini dibacakan, Surat Al Fatihah disusul dengan Surat Yasin dibaca. Itulah jawaban terkait pertanyaan aca Yasin dulu apa tahlil dulu? Semoga penjelasan ini bisa membantu umat muslim.



Wallahu A'lam
(wid)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari Abdullah, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Sesungguhnya Islam muncul pertama kali dalam keadaan asing dan akan kembali dalam keadaan asing pula, maka beruntunglah orang-orang yang terasing.  Abdullah berkata, Dikatakan, Siapakah orang-orang yang terasing itu?  beliau menjawab: Orang-orang yang memisahkan diri dari kabilah-kabilah (yang sesat).

(HR. Ibnu Majah No. 3978)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More