Reconquista dan Kisah Runtuhnya Kekhalifahan Islam di Eropa
Kamis, 25 Juli 2024 - 14:57 WIB
Reconquista adalah perlawanan melalui jalur perang oleh kerajaan-kerajaan Kristen yang ada di Semenanjung Iberia utara terhadap kekuasaan dan pendudukan Islam di wilayah Semenanjung Iberia selatan.
"Tujuannya adalah merebut kembali daerah tersebut dan juga mengusir Islam," tulis Daniel Callahan dalam bukunya berjudul "Jerusalem and the Cross in the Life and Writings of Adhemar of Chabannes".
Pada tahun 1031, Kekhalifahan Umayah Cordoba telah runtuh. Tidak ada kesepakatan emirat atau provinsi-provinsi Kekhalifahan Cordoba untuk mengangkat khalifah baru menggantikan Hisyam III.
Akhirnya provinsi-provinsi mendeklarasikan diri menjadi kerajaan-kerajaan kecil atau dinasti-dinasti kecil di daerah masing-masing.
Roger Collins dalam bukunya berjudul "A History of Spain - Caliphs and Kings" menyebut pendirian tersebut terkenal dengan sebutan pemerintahan Muluk al-Thawaif, atau pemerintahan dengan banyaknya berdiri thaifah-thaifah (sistem pemerintahan) kecil.
Thaifah merupakan pemerintahan Islam di wilayah-wilayah pecahan dari Kekhalifahan Cordoba yang memerdekakan diri. Thaifah-thaifah tersebut berdiri sendiri dan mengelola pemerintahannya sendiri.
Oleh sebab itu, mereka lebih mudah dikalahkan oleh Kerajaan Kristen di Semenanjung Iberia dengan Reconquista. Selain itu, mereka juga saling bermusuhan antara satu dengan yang lainnya. Jumlahnya sebanyak 30 thaifah pasca pembubaran Kekhalifahan Cordoba.
Realita tersebut membuat kekuatan Islam semakin lemah sehingga kerajaan-kerajaan Kristen mulai berani menyerang Islam seperti Kerajaan Castilla, Aragon, Navarre, Leon, dan Portugal.
Pada tahun 1031 hingga 1090, dapat dikatakan bahwa Islam di bawah supremasi kekuatan kerajaan Kristen. Banyak faktor selain pembubaran Kekhalifahan Cordoba yang membuat Islam lemah.
Jati Pamungkas, S.Hum, M.A. dalam bukunya berjudul "Perang Salib Timur dan Barat, Misi Merebut Yerusalem dan Mengalahkan Pasukan Islam di Eropa" menyebut faktor tersebut antara lain:
1. Persaingan antarthaifah pascapembubaran Kekhalifahan Cordoba. Persaingan tersebut banyak melahirkan peperangan antar-thaifah untuk membuktikan thaifah terkuat di Spanyol.
Dalam sejarahnya, terdapat penaklukkan lewat peperangan antarthaifah, seperti Thaifah Algeciras pada tahun 1058 ditaklukkan Thaifah Sevilla, Thaifah Tortosa pada tahun 1060 ditaklukkan Thaifah Zaragoza dan sebagainya.
2. Melupakan semangat Arabisasi dan Islamisasi yang dilakukan dengan gencar pada masa kekuasaan Kekhalifahan Umayah di Damaskus.
Penaklukkan tanpa Arabisasi dan Islamisasi akan sia-sia. Arabisasi bertujuan menguatkan simbol persatuan yang terdapat dalam bahasa dan budaya, sedangkan Islamisasi adalah tujuan suci dan mulia yang ditekankan pada masa Rasulullah dengan jalur damai tanpa paksaan.
3. Pemerintahan feodal dan diskriminatif. Pemerintahan Islam pascakeruntuhan kekhalifahan semakin menegaskan lagi bahwa raja adalah pemilik segalanya, dan terdapat perbedaan warga negara antara Arab, campuran, dan pribumi.
Selain itu diskriminatif antara penduduk Islam dengan Katolik semakin meruncing. Pemerintahan hanya mementingkan pungutan pajak yang realisasinya kurang dirasakan rakyat terutama rakyat non-Arab dan non-Islam.
Keadaan Islam yang kacau di Semenanjung Iberia membuat kerajaan terdekat, Castilla, dapat merebut Thaifah Toledo pada tahun 1085.
"Tujuannya adalah merebut kembali daerah tersebut dan juga mengusir Islam," tulis Daniel Callahan dalam bukunya berjudul "Jerusalem and the Cross in the Life and Writings of Adhemar of Chabannes".
Pada tahun 1031, Kekhalifahan Umayah Cordoba telah runtuh. Tidak ada kesepakatan emirat atau provinsi-provinsi Kekhalifahan Cordoba untuk mengangkat khalifah baru menggantikan Hisyam III.
Akhirnya provinsi-provinsi mendeklarasikan diri menjadi kerajaan-kerajaan kecil atau dinasti-dinasti kecil di daerah masing-masing.
Baca Juga
Roger Collins dalam bukunya berjudul "A History of Spain - Caliphs and Kings" menyebut pendirian tersebut terkenal dengan sebutan pemerintahan Muluk al-Thawaif, atau pemerintahan dengan banyaknya berdiri thaifah-thaifah (sistem pemerintahan) kecil.
Thaifah merupakan pemerintahan Islam di wilayah-wilayah pecahan dari Kekhalifahan Cordoba yang memerdekakan diri. Thaifah-thaifah tersebut berdiri sendiri dan mengelola pemerintahannya sendiri.
Oleh sebab itu, mereka lebih mudah dikalahkan oleh Kerajaan Kristen di Semenanjung Iberia dengan Reconquista. Selain itu, mereka juga saling bermusuhan antara satu dengan yang lainnya. Jumlahnya sebanyak 30 thaifah pasca pembubaran Kekhalifahan Cordoba.
Realita tersebut membuat kekuatan Islam semakin lemah sehingga kerajaan-kerajaan Kristen mulai berani menyerang Islam seperti Kerajaan Castilla, Aragon, Navarre, Leon, dan Portugal.
Pada tahun 1031 hingga 1090, dapat dikatakan bahwa Islam di bawah supremasi kekuatan kerajaan Kristen. Banyak faktor selain pembubaran Kekhalifahan Cordoba yang membuat Islam lemah.
Jati Pamungkas, S.Hum, M.A. dalam bukunya berjudul "Perang Salib Timur dan Barat, Misi Merebut Yerusalem dan Mengalahkan Pasukan Islam di Eropa" menyebut faktor tersebut antara lain:
1. Persaingan antarthaifah pascapembubaran Kekhalifahan Cordoba. Persaingan tersebut banyak melahirkan peperangan antar-thaifah untuk membuktikan thaifah terkuat di Spanyol.
Dalam sejarahnya, terdapat penaklukkan lewat peperangan antarthaifah, seperti Thaifah Algeciras pada tahun 1058 ditaklukkan Thaifah Sevilla, Thaifah Tortosa pada tahun 1060 ditaklukkan Thaifah Zaragoza dan sebagainya.
2. Melupakan semangat Arabisasi dan Islamisasi yang dilakukan dengan gencar pada masa kekuasaan Kekhalifahan Umayah di Damaskus.
Penaklukkan tanpa Arabisasi dan Islamisasi akan sia-sia. Arabisasi bertujuan menguatkan simbol persatuan yang terdapat dalam bahasa dan budaya, sedangkan Islamisasi adalah tujuan suci dan mulia yang ditekankan pada masa Rasulullah dengan jalur damai tanpa paksaan.
3. Pemerintahan feodal dan diskriminatif. Pemerintahan Islam pascakeruntuhan kekhalifahan semakin menegaskan lagi bahwa raja adalah pemilik segalanya, dan terdapat perbedaan warga negara antara Arab, campuran, dan pribumi.
Selain itu diskriminatif antara penduduk Islam dengan Katolik semakin meruncing. Pemerintahan hanya mementingkan pungutan pajak yang realisasinya kurang dirasakan rakyat terutama rakyat non-Arab dan non-Islam.
Keadaan Islam yang kacau di Semenanjung Iberia membuat kerajaan terdekat, Castilla, dapat merebut Thaifah Toledo pada tahun 1085.