Apa Arti Zikir Allahumma Antassalam Waminkassalam Wa Ilaika Ya'udussalam?

Senin, 07 Oktober 2024 - 16:54 WIB
Arti zikir allahumma antassalam waminkassalam wa ilaika ya’udussalam penting diketahui umat Muslim. Kita bisa mengamalkan bacaan tersebut untuk memperoleh manfaat dan keutamaannya. Foto ilustraasi/SINDOnews
Arti zikir 'allahumma antassalam waminkassalam wa ilaika ya’udussalam' penting diketahui umat Muslim. Kita bisa mengamalkan bacaan tersebut untuk memperoleh manfaat dan keutamaannya.

Umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak zikir dalam setiap kesempatan, termasuk setelah mengerjakan ibadah salat . Tak hanya menambah pahala, bacaan zikir juga dapat menenangkan pikiran.

Salah satu dari bacaan zikir yang sering diketahui adalah “allahumma antassalam waminkassalam wa ilaika ya’udussalam”. Lebih jauh, apa sebenarnya arti dan manfaat dari bacaan zikir itu?

Apa Arti Allahumma Antassalam Waminkassalam Wa Ilaika Ya'udussalam?

Zikir “allahumma antassalam waminkassalam wa ilaika ya’udussalam” biasa dikenali sebagai doa permohonan keselamatan dan kesejahteraan kepada Allah Swt. Maka dari itu, amalan ini dianjurkan untuk dikerjakan supaya memperoleh kemudahan, kelancaran, kesejahteraan dalam hidup. Berikut ini bacaan lengkap dan artinya:

للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام


Latin: Allahumma antassalam, waminkassalam, wa Ilaika ya'udussalam fahayyina rabbana bissalam wa-adkhilnal jannata daras salaam tabaarakta rabbanaa wata'aalayta yAa dzaljalaali wal ikraam.

Artinya: "Ya Allah, Engkau sumber keselamatan dan dari pada-Mulah datangnya keselamatan dan kepada-Mu kembalinya keselamatan. Maka hidupkanlah kami wahai Tuhan, dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kami ke dalam surga negeri keselamatan. Maha banyak anugerahMu dan Maha Tinggi Engkau wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan.

Demikianlah ulasan mengenai arti allahumma antassalam waminkassalam wa ilaika ya’udussalam. Semoga bermanfaat.



Wallahu a’lam
(wid)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari Anas radhiyallahu 'anhu, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam terbiasa membaca doa: YA MUQALLIBAL QULUUB TSABBIT QALBII 'ALAA DIINIKA (Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku berada di atas agamamu). Kemudian aku pun bertanya, Wahai Rasulullah, kami beriman kepadamu dan kepada apa yang anda bawa. Lalu apakah anda masih khawatir kepada kami? Beliau menjawab: Ya, karena sesungguhnya hati manusia berada di antara dua genggaman tangan Allah Subhanahu wa Ta'ala yang Dia bolak-balikkan menurut yang dikehendaki-Nya.

(HR. Tirmidzi No. 2066)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More