Kisah Muawiyah Mengerahkan 500 Kapal Laut Mengusir Romawi dari Siprus

Rabu, 23 Oktober 2024 - 05:15 WIB


Ketika Mu'awiyah meninggal dan anaknya Yazid menggantikannya, pengiriman itu dihentikan dan ia memerintahkan penghancuran kota tersebut.

Ada beberapa narasumber yang mengira bahwa serangan Mu'awiyah yang kedua kalinya ke Siprus itu terjadi dalam tahun 35.

Menurut Haekal, sumber Balazuri ini menyebutkan bahwa Mu'awiyah membebaskan Siprus itu seorang diri. Sementara Tabari dan Ibn Asir, dan para sejarawan yang penulisannya sejalan dengan pola kedua sejarawan itu menyebutkan bahwa armada Syam dan armada Mesir yang dipimpin oleh Abdullah bin Sa'd bin Abi Sarh, masing-masing berangkat menuju Siprus.

Mereka yang membawa sumber ini tidak menyebutkan bahwa Muawiyah sendirilah yang memimpin armada itu ke Siprus, tetapi kata mereka, Mu'awiyah menugaskan Abdullah bin Qais al-Harisi. Tidaklah mudah untuk memastikan mana yang sahih dan mana yang palsu dari kedua sumber itu.

(mhy)
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Jika seseorang lupa lalu dia makan dan minum ketika sedang berpuasa, maka hendaklah dia meneruskan puasanya, karena hal itu berarti Allah telah memberinya makan dan minum.

(HR. Bukhari No. 1797)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More