Fiqih Berjabat Tangan, Berikut 6 Hal yang Harus Diperhatikan

Selasa, 08 September 2020 - 20:38 WIB
Kita diperintahkan untuk memberi penghormatan kepada sesama muslim. Bahkan dianjurkan membalas penghormatan dengan yang lebih baik. Bila saudara kita mengucapkan salam, maka hendaknya kita balas dengan salam serupa atau yang lebih baik (lebih sempurna) dari salamnya , dan jika ia menjabat tangan kita, maka hendaknya kita membalasnya dengan jabatan tangan yang lebih erat dan lebih hangat. Dari Abdullah bin Mas'ud RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: "Diantara bentuk penghormatan yang paling sempurna adalah berjabat tangan." (HR. Turmudzi)

Bagaimana Hukum Berjabat Tangan di Saat Pandemi?

Ada yang bertanya bagaimana dengan hukum berjabat tangan di masa pandemi saat ini? Menurut Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia Ustaz Farid Nu'man Hasan , Islam itu sangat menekankan pencegahan sebagaimana firman Allah Ta'ala.

وَلاَ تُلْقُواْ بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ

"Janganlah menjatuhkan dirimu dalam jurang kebinasaan" (QS. Al-Baqarah: ayat 195).Juga Hadis riwayat Ibnu Majah: "Janganlah membahayakan diri sendiri dan orang lain".

Maka, apabila kondisi bahaya masih mengancam, sebaiknya berjabat tangan bisa diganti dengan anggukan, senyuman, atau meletakkan tangan di dada. Ini sudah bisa dimaklumi. Insya Allah tidak mengurangi keakraban.

Adapun jika terpaksa berjabat tangan, khususnya kepada keluarga atau kerabat sendiri, sangat bagus jika setelah itu mencuci tangan. Sebab, bisa jadi sebelumnya mereka berjabat tangan dengan orang lain, maka dianjurkan untuk tetap mencegah seperti mencuci tangan atau memakai hand sanitizer. Semoga Allah Ta'ala menjaga kita semua dari bahaya wabah . [ ]

( n)

Wallahu Ta'ala A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَآءِ وَالۡبَـنِيۡنَ وَالۡقَنَاطِيۡرِ الۡمُقَنۡطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالۡفِضَّةِ وَالۡخَـيۡلِ الۡمُسَوَّمَةِ وَالۡاَنۡعَامِ وَالۡحَـرۡثِ‌ؕ ذٰ لِكَ مَتَاعُ الۡحَيٰوةِ الدُّنۡيَا ‌ۚ وَاللّٰهُ عِنۡدَهٗ حُسۡنُ الۡمَاٰبِ
Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.

(QS. Ali 'Imran Ayat 14)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More