Inilah Tanda-tanda Kiamat Besar dan Kiamat Kecil

Rabu, 06 Mei 2020 - 07:45 WIB
Kita sudah pernah menjelaskan tentang Malhamal Kubra (perang akhir zaman) yang menjadi salah satu tanda dekatnya hari Kiamat. Hal ini membuka harapan bagi umat Islam.

8. Agar Beriman kepada Tanda-tanda Hari Kiamat.

Umat Islam wajib meyakini tanda-tanda hari Kiamat. Keyakinan ini akan menguatkan iman kita dan ketika terjadi peristiwa tersebut membuat kita yakin mengikuti agama yang benar.

Kaidah yang dipegang saat menyampaikan tanda Kiamat besar atau Kiamat kecil:

1. Harus mengambil nash dari Al-Qur'an maupun dari Hadis Shahih Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Sumber utama untuk mengetahui hal ghaib adalah Allah Ta'ala dan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Adapun hadis-hadis palsu tentang peristiwa hari Kiamat tidak boleh dipakai. Hadis lemah juga tidak boleh digunakan dalam hukum dan itu sepakat 'ulama. Hadis lemah hanya boleh digunakan dalam fadhail amal dengan syarat-syarat dan ditentukan ulama.

2. Kembali kepada ulama yang kita percaya yang menguasai ilmu fiqih.

3. Harus Bicara dengan orang sesuai kemampuannya. Sayyidina Ali bin Abi Thalib karramallaahu wajhah berkata: "Berikanlah kabar kepada manusia sesuai dengan tingkat pemahaman mereka."

4. Berpikir sebelum berbicara mengatasnamakan Hadis Nabi. Seperti tentang hadis Dukhan ada ustaz yang mengatakan akan terjadi di pertengahan Ramadhan. Kalau tidak terjadi nanti akan banyak yang menuduh bahwa Nabi muhammad shallallaahu 'alaihi wa sallam pembohong dan terjadi fitnah. Maka hati-hatilah terhadap sumber ilmu.

Syarat dan Tanda Hari Kiamat Kecil Terbagi 3:

1. Yang sudah berlalu lama munculnya.

Jarak antara Kiamat kecil dan Kiamat besar jauh seperti diutusnya Nabi Muhammad shallallaahu 'alaihi wa sallam. Bulan sudah terbelah menjadi dua. Sudah muncul api besar di Kota Madinah saat itu.

2. Yang akan muncul dan akan terus muncul.

Seperti budak yang melahirkan majikannya. Banyak anak-anak menjadikan ibunya sebagai pelayan. Mereka yang beralas kaki meninggikan bangunan. Kemudian muncul banyak Dajjal. Ini yang berkaitan dengan tanda kiamat kecil, berarti ada yang sudah terjadi sejak lama.

3. Yang belum terjadi juga ada dan akan muncul.

Dalam hala ini tidak ada yang dapat menentukan kapan terjadinya.

Tanda-tanda Kiamat Besar Ada 8:

Apabila peristiwa-peristiwa besar muncul, maka akan terjadi Kiamat besar. Seperti apa peristiwa dahsyat tersebut, berikut tanda-tandanya:

1. Munculnya Dukhan (Kabut/Asap).

2. Turunnya Dajjal.

3. Binatang Melata.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓٮِٕكَتَهٗ يُصَلُّوۡنَ عَلَى النَّبِىِّ ؕ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا صَلُّوۡا عَلَيۡهِ وَسَلِّمُوۡا تَسۡلِيۡمًا‏
Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

(QS. Al-Ahzab Ayat 56)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More