Tips Memilih Istri Saleha dari Syaikh Ahmad Al-Misri

Rabu, 25 November 2020 - 21:16 WIB
Kita dapat bertanya kepada ulama, saudara, atau tetangga kita. Ciri istri salehah: (1) Apabila diperintahkan dia taat. (2) Apabila tidak ada di sisinya ia menjaga diri. (3) Apabila dipandang wajahnya membahagiakan.

Karena itu, jika ingin menikah jangan cuma melihat fotonya, tapi lihatlah aslinya. Bisa juga bertanya ke ahlinya, tanya tetangganya bagaimana si fulan. Berkah itu adalah kalau menikah membuat dekat dengan Allah. Kalau menikah membuat jauh dari Allah itu musibah besar. Kata ulama, jika seorang wanita meninggal belum menikah dan bersabar dia dapat pahala syahid dan dinikahkan di surga.

4. Istikharah

Ini memilih antara dua hal, saya bingung apakah si A atau si B. Maka lakukan salat istikharah. Istikharah tidak hanya diberi petunjuk lewat mimpi, tetapi nanti bisa cenderung ke si A atau si B. Kalau belum ada, diulangi lagi sampai ada kecenderungan hati.

5. Perbanyak Istighfar dan Dzikir

Kalau kita niatkan istighfar dan dzikir untuk menikah akan dipermudah.Dari Abdullah bin Umar radhiyallaahu 'anhu, Rasulullah bersabda:

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِهَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

"Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah ." (HR Muslim)

( )

Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
وَاِنۡ تُطِعۡ اَكۡثَرَ مَنۡ فِى الۡاَرۡضِ يُضِلُّوۡكَ عَنۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ‌ؕ اِنۡ يَّتَّبِعُوۡنَ اِلَّا الظَّنَّ وَاِنۡ هُمۡ اِلَّا يَخۡرُصُوۡنَ‏
Dan jika kamu mengikuti kebanyakan orang di bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Yang mereka ikuti hanya persangkaan belaka dan mereka hanyalah membuat kebohongan.

(QS. Al-An'am Ayat 116)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More