Perempuan Gila yang Gigih Menutup Aurat

Minggu, 29 November 2020 - 21:51 WIB
Aku katakan, dalam hadis ini “kisah Ummu Zufar dan kesabarannya- ada dalil yang menunjukkan kesucian dan kehormatan dirinya. Hal ini berdasarkan pada dua perkara ;

Pertama, dia meminta kepada Rasulullah-shallallahu alaihi wa sallam- untuk mendoakan dirinya kepada Allah agar auratnya tidak terbuka.

Kedua, dia berlindung kepada Allah, sebagaimana yang telah diriwayatkan al-Bazzar, bahwa Ummu Zufar, berkata, “Aku khawatir jika setan menelanjangiku.” Kemudian Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wasallam mendoakannya. Oleh karenanya, jika dia takut setan tersebut akan mendatanginya, dia mendekat ke kain yang menutupi Ka’bah dan dia berpegang dengannya (lihat, Majma az-Zawaid, 2/338)

(Baca juga : Berbulan-bulan Tutup, Sekolah di Iraq Kembali Dibuka )

Dalam kisah ini ada seruan bagi perempuan yang membuka auratnya, dan memperlihatkan keindahan tubuhnya kepada laki-laki, padahal Allah telah menutup dirinya dan memberinya kesehatan serta kekuatan. Yaitu seruan kepada kaum perempuan agar segera bertaubat kepada Rabbnya, serta meniti jejak Ummu Zufar dalam menutup dan menjaga diri, serta dalam kemuliaannya.

Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(wid)
Halaman :
cover top ayah
وَّاَنَّا مِنَّا الصّٰلِحُوۡنَ وَمِنَّا دُوۡنَ ذٰلِكَ‌ؕ كُنَّا طَرَآٮِٕقَ قِدَدًا
Dan sesungguhnya di antara kami (jin) ada yang shalih dan ada (pula) kebalikannya. Kami menempuh jalan yang berbeda-beda.

(QS. Al-Jinn Ayat 11)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More