Shalat Jumat di Pelataran Rumah Dekat Masjid, Bolehkah?

Jum'at, 04 Desember 2020 - 09:48 WIB
Jika seseorang shalat di rumahnya, dia ikut imam di masjid maka itu boleh dengan syarat rumahnya berdempetan dengan masjid, agar busa diketahui intiqalnya imam yaitu ruku’nya, sujudnya, dan lain-lain. (Darul Ifta' No 2205)

Fatwa al-Lajnah ad-Daimah, ditanya tentang orang yang shalatnya di rumah, sedangkan imamnya di masjid:

لا تصح الصلاة، وهذا مذهب الشافعية وبه قال الإمام أحمد ، إلا إذا اتصلت الصفوف ببيته، وأمكنه الاقتداء بالإمام بالرؤية وسماع الصوت، فإنها تصح

Tidak sah salatnya . Inilah pendapat Syafi'iyah dan Imam Ahmad, kecuali jika shafnya bersambung dengan rumahnya sehingga memungkinkan mengikuti imam dengan melihat dan mendengarkannya. Ini SAH. (Al Lajnah ad Daimah, 8/31)



( )

Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
فَلَمَّا نَسُوۡا مَا ذُكِّرُوۡا بِهٖ فَتَحۡنَا عَلَيۡهِمۡ اَبۡوَابَ كُلِّ شَىۡءٍ ؕ حَتّٰٓى اِذَا فَرِحُوۡا بِمَاۤ اُوۡتُوۡۤا اَخَذۡنٰهُمۡ بَغۡتَةً فَاِذَا هُمۡ مُّبۡلِسُوۡنَ
Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu kesenangan untuk mereka. Sehingga ketika mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa.

(QS. Al-An'am Ayat 44)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More