Amalan Bakda Salat Jumat, Diluaskan Rezeki dan Diwafatkan dalam Keadaan Islam

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 09:22 WIB
loading...
Amalan Bakda Salat Jumat, Diluaskan Rezeki dan Diwafatkan dalam Keadaan Islam
Hari Jumat merupakan Sayyidul Ayyam (penghulu semua hari) dan dikabulkannya doa-doa dan hajat. Kaum muslimin dianjurkan untuk memperbanyak amalan dan doa termasuk membaca Surah Al-Kahfi dan Salawat atas Nabi. Foto Ilustrasi/Ist
A A A
Hari Jumat merupakan hari paling utama dan dikabulkannya doa-doa dan hajat. Jumat disebut sebagai Sayyidul Ayyam (penghulu semua hari). Salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa adalah ketika Salat Jumat dan di pengujung Jumat bakda Ashar.

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan untuk didawamkan bakda (setelah) salat Jumat . Amalan doa dan zikir ini memiliki keutamaan besar dan kaum muslimin dianjurkan untuk tidak buru-buru meninggalkan masjid. (Baca Juga: Amalan Syeikh Abu Bakar As-Syibli yang Bikin Bangga Rasulullah)

Dari Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang membaca (setelah salat Jumat ) surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas sebanyak tujuh kali, Allah akan mengindarkannya dari keburukan (kejahatan) sampai Jumat berikutnya.

Kemudian dikutip dari Imam As-Sya'rani bahwa siapa yang membaca dua bait kalimat ini setiap hari Jumat , Allah akan mewafatkannya dalam keadaan Islam.( )

إِلٰـهِي لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلاً • وَلاَ أَقْوٰى عَلَى نَارِ الْجَحِيْم

Ilaahii Lastu lil Firdausi Ahlaa, wa Laa Aqwaa 'Aalaa Naaril Jahiimi

Artinya: "Wahai Tuhanku! Aku bukanlah ahli surga, tapi aku juga tak kuat di neraka Jahim".

فَهَبْ لِي تَوْبَةً وَاغْفِرْ ذُنُوْبِي • فَإنَّكَ غَافِرُ الذَّنْبِ الْعَظِيْمِ

Fa Hablii Taubatan Waghfir Zunuubii, Fa Innaka Ghaafirudzdzambil 'Azhiimi

Artinya: "Maka berilah aku taubat (ampunan) dan ampunilah dosaku, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dosa yang besar."

Sebagain ulama mengatakan dua bait kalimat tersebut dibaca lima kali setelah salat jumat . (Imam Bajuri). (Baca Juga: Keistimewaan Hari Jumat dan Amalan yang Dianjurkan)

Amalan berikutnya membaca doa yang fadhillahnya dapat meluaskan rezeki. Berikut doanya:

اَللَّهُمَّ يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ أَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumma ya Ghaniyyu ya Hamiid yaa Mubdiu ya Mu'iid ya Rahiimu ya Waduud Aghnina bi Halalika an Haramik wa Bitha'atika an Ma'siyatik wa Bifadhlika 'Amman Siwaak.

Artinya:
"Ya Allah, Yang Maha Kaya, Maha Terpuji, Maha Pencipta, Maha Kuasa Mengembalikan, Maha Penyayang, dan Maha Kasih. Cukupi aku dengan harta halal-Mu, bukan dengan yang haram. Isilah hari-hariku dengan taat kepada-Mu, bukan mendurhakai-Mu. Cukupi diriku dengan karunia-Mu, bukan selain-Mu".

Barangsiapa yang membaca doa ini setelah selesai Salat Jumat sebanyak empat kali maka Allah akan mencukupi kebutuhannya dari rezeki yang tidak terduga. Doa ini juga ditemukan pada Maraqil Ubudiyah ala Bidayatil Hidayah karya Syeikh Nawawi Al-Bantani. (Baca Juga: Ini Waktu Paling Mustajab Berdoa di Hari Jumat)

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)