Menanamkan Jiwa Kreatif Anak Sesuai Syariat

Senin, 07 Desember 2020 - 14:37 WIB
(Baca juga : Epidemiolog Beri Sinyal Bahaya Corona Setelah Pilkada, Usul PSBB se-Jawa )

Tidak diragukan lagi bahwa didikan ini akan menguntungkan si anak. Karena ia akan berani menyampaikan pendapat dan selalu dapat menyampaikan pendapat. Ada anak yang mentalnya jadi jatuh sehingga tidak terbangun kepercayaan diri pada dirinya, cenderung merasa tidak mampu. Tentunya ini rugi bagi si anak jika ini terbawa sampai dewasa, dia menjadi anak yang tidak punya kepercayaan diri. Misalnya dia tidak percaya diri bicara di depan orang. Kenapa demikian? Karena memang mungkin sejak kecil dia selalu dipatahkan.

Tentunya banyak lembaga pendidikan yang sudah mengarahkan anak untuk bisa tampil di depan manusia, karena dia akan berhadapan dengan manusia.

(Baca juga : Bagi Hadiah Mobil di Hari Tenang Pilkada, Bupati Blitar Dilaporkan Bawaslu )

Jadi itu akan membuat dia berani untuk menyampaikan pendapat. Dan ini sangat bermanfaat baginya di dalam perjalanannya menuntut ilmu. Karena dia bisa menyingkirkan rasa malu yang negatif di dalam proses menuntut ilmu. Seperti kata Imam Mujahid:

لَا يَتَعَلَّمُ الْعِلْمَ مُسْتَحْيٍ وَلَا مُسْتَكْبِرٌ

“Tidak bisa menuntut ilmu orang yang pemalu dan orang yang sombong.”

Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(wid)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Ada dua golongan penduduk neraka yang keduanya belum pernah aku lihat.  (1) Kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi, yang dipergunakannya untuk memukul orang.  (2) Wanita-wanita berpakaian tetapi (seperti) bertelanjang (pakaiannya terlalu minim, tipis, ketat, atau sebagian auratnya terbuka), berjalan dengan berlenggok-lenggok, mudah dirayu atau suka merayu, rambut mereka (disasak) bagaikan punuk unta. Wanita-wanita tersebut tidak dapat masuk surga, bahkan tidak dapat mencium bau surga. Padahal bau surga itu dapat tercium dari jarak sekian dan sekian.

(HR. Muslim No. 3971)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More