Nafisah binti Al Hasan, Ulama Perempuan Tersohor Cicit Rasulullah

Minggu, 27 Desember 2020 - 14:48 WIB
Sakitnya kian parah saat bulan Ramadhan tiba, dokter yang memeriksanya menganjurkan untuk berbuka puasa, namun ia menolaknya. “Alangkah mengherankan, sejak 30 tahun yang lalu aku berdo’a kepada Allah agar bisa berjumpa dengan-Nya dalam keadaan puasa, apakah sekarang aku harus berbuka? Tidak bisa!” Lalu Nafisah melanjutkan bacaan Al – Qur’an, huruf demi huruf ia baca dengan khusyu saat sampai surat Al-An’am ayah 127, tiba – tiba ia tak sadarkan diri.

(Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Harga Cabai di Gresik Tembus Rp54 Ribu Perkilogram )

Zainab segera memeluknya dengan erat, air matanya berlinang ketika mendengar Nafisah dengan lirih mengucapkan syahadat, senyum mengembang menghiasi bibir Nafiasah, gambaran syurga tempatnya kembali telah diperlihatkan. Nafisah menghadap tuhannya dengan keadaan yang dicita – citakan selama ini, ketika sedang berpuasa.

Penduduk Mesir pun diselimuti duka mendalam saat mendengar wafatnya Nafisah. Sang suami berniat hendak menguburkan istrinya di makam Baqi’ di kota Madinah, namun penduduk Mesir memintanya agar menguburkannya di Mesir. Di hari pemakamannya, manusia penuh berdesak-desakan mengantarkannya.

(Baca juga: 10 Wisatawan yang Hendak Berlibur ke Puncak Ditemukan Positif Covid-19 )

Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(wid)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Ada dua golongan penduduk neraka yang keduanya belum pernah aku lihat.  (1) Kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi, yang dipergunakannya untuk memukul orang.  (2) Wanita-wanita berpakaian tetapi (seperti) bertelanjang (pakaiannya terlalu minim, tipis, ketat, atau sebagian auratnya terbuka), berjalan dengan berlenggok-lenggok, mudah dirayu atau suka merayu, rambut mereka (disasak) bagaikan punuk unta. Wanita-wanita tersebut tidak dapat masuk surga, bahkan tidak dapat mencium bau surga. Padahal bau surga itu dapat tercium dari jarak sekian dan sekian.

(HR. Muslim No. 3971)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More