Membaca Al-Qur'an Menenangkan Hati

Kamis, 28 Januari 2021 - 06:09 WIB
Orang yang membaca Al-Quran itu bagaikan sedang melakukan perniagaan atau bisnis dan selalu mendapatkan keuntungan, jauh dari kerugian. Foto istimewa
Tidak ada suara yang lebih indah melebihi keindahan suara bacaan Al-Qur'an . Tiada yang lebih menenteramkan saat didengar kecuali mendengarkan lantunan ayat-ayat Qur'an . Inilah fitrah manusia sesungguhnya. Bacaan Al-Qur'anlah yang telah meluluhkan hati Umar bin Khattab yang sebelumnya keras menjadi lembut. Bacaan Al-Qur'anlah yang menjadi jalan pembuka baginya memeluk Islam, bahkan kelak di kemudian hari Umar menjadi khalifah selanjutnya.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Faathir : 29-30).



Allah juga berfirman,

اَوۡ زِدۡ عَلَيۡهِ وَرَتِّلِ الۡقُرۡاٰنَ تَرۡتِيۡلًا



“Atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah al-Quran itu dengan tartil (perlahan-lahan).” (QS. al-Muzammil : 4).

Mengutip tausiyah KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym dijelaskan bahwa Al-Qur'an adalah karunia yang sangat besar dari Allah untuk kita. Setiap karunia Allah wajib kita syukuri. Karena itu, Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid ini mengatakan, salah satu cara mensyukuri kehadiran Qur'an adalah dengan membacanya. Selain bernilai ibadah , membaca Quran bisa membuat hati kita jauh lebih tenang. Ini karena dengan membacanya berarti kita sedang berzikir mengingat Allah, Sedangkan barangsiapa mengingat Allah maka hatinya akan diliputi dengan ketenangan.



Banyak orang bersusah-payah, mengeluarkan banyak uang demi mencari ketenangan . Ada yang membuat vila di pegunungan yang sunyi, ada yang melakukan perjalanan ke tempat-tempat terpencil, dan lain sebagainya demi meraih ketenangan. Padahal ketenangan datang dari hati yang jernih, hati yang senantiasa terpaut kepada Allah, hati yang senantiasa mengingat-Nya.

Allah SWT telah berfirman,

اَلَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَتَطۡمَٮِٕنُّ قُلُوۡبُهُمۡ بِذِكۡرِ اللّٰهِ‌ ؕ اَلَا بِذِكۡرِ اللّٰهِ تَطۡمَٮِٕنُّ الۡقُلُوۡبُ

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. ar-Ra’du : 28).

Al-Qur'an berisi firman Allah yang menjadi pedoman hidup agar kita selamat dalam perjalanan di dunia ini. Kita meyakini Al-Qur'an akan mendatangkan keselamatan. Kita yakin Quran berisi kebenaran, tetapi sayang sekali masih banyak di antara kita yang jarang sekali menyentuh al-Quran untuk membuka dan membacanya.



Masih banyak di antara kita yang karena sibuk dengan urusan dunia, sehingga dalam seminggu bisa dihitung dengan lima jari saja kegiatannya membaca Al-Qur'an. Bahkan, banyak juga yang dalam seminggu tidak sempat sama sekali membaca al-Quran. Subhanallah!

Orang yang membaca Al-Qur'an itu bagaikan sedang melakukan perniagaan atau bisnis dan selalu mendapatkan keuntungan, jauh dari kerugian. Bagaimana bisa mengalami kerugian jika Rasulullah bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an, maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dikali sepuluh kebaikan semisalnya, dan aku tidak mengatakan ‘aliflammiim’ itu satu huruf tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).



Masya Allah! Sungguh besar keutamaan dari membaca Qur'an. Tidak ada kerugian sedikit pun dari melakukannya. Bahkan ganjaran yang besar ini berlaku bagi siapa pun yang membaca Quran, baik dia itu memahami yang ia baca atau pun belum bisa memahaminya.

Jika kita bisa berlama-lama memegang ponsel, jika kita bisa berlama-lama membuka-buka sosial media meski tanpa keperluan tertentu, jika kita bisa berlama-lama ngobrol dengan teman-teman di layar ponsel kita meski tanpa topik yang jelas atau penting, maka mengapa kita berat untuk berlama-lama dengan al-Quran yang merupakan pesan-pesan dari Allah dan pasti mendatangkan kebaikan? Jika kita tidak bisa berlama-lama, maka mengapa kita tidak sempat sebentar saja melantunkan ayat-ayat Quran?
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
وَكَذٰلِكَ جَعَلۡنَا فِىۡ كُلِّ قَرۡيَةٍ اَكٰبِرَ مُجۡرِمِيۡهَا لِيَمۡكُرُوۡا فِيۡهَا‌ ؕ وَمَا يَمۡكُرُوۡنَ اِلَّا بِاَنۡفُسِهِمۡ وَمَا يَشۡعُرُوۡنَ
Dan demikianlah pada setiap negeri Kami jadikan pembesar-pembesar yang jahat agar melakukan tipu daya di negeri itu. Tapi mereka hanya menipu diri sendiri tanpa menyadarinya.

(QS. Al-An'am Ayat 123)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More