Doa Khatam Qur'an dan Keutamaannya

Jum'at, 26 Maret 2021 - 11:06 WIB
Anas bin Malik radhiyallahu anhu ketika khatam Al-Quran, beliau mengumpulkan keluarga dan anaknya, lalu Anas berdoa untuk kebaikan mereka. Foto/dok SINDOnews
Berdoa setelah khatam Qur'an merupakan amalan yang sangat baik dan dianjurkan. Sebelum membaca doa khatam Qur'an ada baiknya mengetahui tata caranya. Dianjurkan untuk terlebih dahulu bersholawat dan membaca pujian-pujian kepada Allah.

Sahabat Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu ketika khatam Al-Qur'an, beliau mengumpulkan keluarga dan anaknya, lalu Anas berdoa untuk kebaikan mereka. Adapun keutamaan mengkhatamkan Al-Qur'an disebutkan dalam hadis berikut:

اِذَا خُتِمَ الْقُرْأٓنُ نَزَلَتِ الرَّحْمَةُ

"Apabila dikhatamkan Al-Qur'an, maka turunlah rahmat Allah". (HR at-Thabrani dan Ibnu Abi Syaibah dari Mujahid)

Dalam hadits riwayat ad-Darimy, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:



مَنْ قَرَأَ الْقُرْأٓنَ ثُمَّ دَعَا، أَمَّنَ عَلَى دُعَائِهِ اَرْبَعَةُ اَلَافِ مَلِكٍ

"Barang siapa telah membaca Al-Qur’an (khatam) kemudian dia berdoa, maka ada 4 ribu Malaikat yang mengaminkan doanya." (HR ad-Darimy)

Keistimewaan lain saat khatam Al-Qur'an juga disebutkan dalam hadits riwayat Immam ad-Dailamy. "Apabila seorang hamba telah mengkhatamkan Al-Qur'an, maka akan hadir 60.000 Malaikat yang membacakan istighfar untuknya saat khatam Al-Qur'an tersebut." (HR ad-Dailamy)

Tata Cara Khatam Al-Qur'an:

Setiap kali seseorang selesai membaca dan mengkhatamkan Al-Qur'an, maka dianjurkan memulainya dengan berikut:

1. Memilih waktu untuk mengakhiri bacaan keseluruhan Al-Qur'an pada awal-pagi atau awal-malam.

2. Mengumpulkan anggota keluarga atau sahabat untuk menyaksikan dan mengikuti penutupan bacaan Al-Qur'an.

3. Khatam Al-Qur'an dimulai dengan membaca Surah ad-Dhuha hingga Surah an-Nas dan disambungkan Surah Al-Fatihah dan 5 ayat pertama Surah Al-Baqarah.

4. Setiap surah yang dibaca, diselang dengan lafaz: Laa Ilaha Ilallallahu wallahu Akbar. (Tiada Tuhan yang layak disembah melainkan Allah dan Allah Maha Besar).

5. Menutup bacaan Al-Qur'an dengan doa permohonan untuk kebaikan pembaca dan anggota keluarga maupun kaum muslimin dan muslimat.

Berikut Doa Khatam Qur'an

صَدَقَ اللهُ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ وَبَلَّغَ رَسُوْلُهُ الْحَبِيْبُ الْكَرِيْمُ وَعَلَى مُحَمَّدٍ مِنَّا وَمِنْكُمْ أَفْضَلَ الصَّلَاةِ وَأَزْكَى التَّحِيَّةِ وَالتَّسْلِيْمِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


Shodaqallaahul ‘aliyyul ‘adhiimu wa ballagha rasuu luhul habiibul kariimu wa’alaa Muhammadin minnaa wa minkum afdhalush shalaati wa azkat tahiyyati wat tasliimi walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin.

Artinya:
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Farwah bin Naufal Al Asyja'i dia berkata: Saya pernah bertanya kepada Aisyah tentang doa yang pernah diucapkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam saat memohon kepada Allah Azza wa Jalla, maka Aisyah menjawab, sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah berdoa: ALLAHUMMA INNI A'UUDZU BIKA MIN SYARRI MAA 'AMILTU WA MIN SYARRI MAA LAM A'MAL (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatan yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan).

(HR. Muslim No. 4891)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More